Bahan Sharing Kelompok Sel Pekan #2 November 2021

S1 = SEMBAH PUJI

Sembah Puji (20 Menit)

2 lagu Pengagungan – 2 Lagu sesuai tema Firman Tuhan (silakan pilih 2 lagu berikut):

  1. Hari ini hari Pembebasan
  2. Tak Ada Tandingannya
  3. PertolonganMu
  4. Pengharapanku (KA Worship)

S2 = SUASANA/ICE BREAKER (10 Menit)

Setelah melakukan ice breaker, jangan lupa menjelaskan pelajaran yang bisa dipetik dari ice breaker yang sudah dilakukan.

Judul: AMAN DALAM PERLINDUNGAN TUHAN

Petunjuk: Semua peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama saling bergandengan tangan dan membentuk lingkaran, sedangkan kelompok kedua dibagi lagi menjadi dua kelompok kecil. Kelompok kecil pertama berdiri agak jauh dari kelompok pertama yang membentuk lingkaran, dan mereka melambangkan “Orang-orang yang tidak sengaja membunuh”. Kelompok kecil kedua berpencar di sekitar kelompok yang membentuk lingkaran, dan mereka melambangkan “Saudara-saudara” orang yang terbunuh.

Dalam waktu lima menit orang-orang yang tidak sengaja membunuh itu” harus berusaha masuk ke kota perlindungan yang dilambangkan oleh kelompok pertama, yang membentuk lingkaran. Bila ada seorang diantara mereka tertangkap oleh saudara orang terbunuh itu, berarti ia juga harus dibunuh.

Ketika “orang-orang yang tidak sengaja membunuh itu” tiba diambang pintu kota perlindungan, maka para peserta yang menjadi kota perlindungan harus mengangkat tangan mereka yang berarti “pintu terbuka” sehingga mempermudah mereka untuk masuk.

Tetapi ketika saudara-saudara dari yang terbunuh tiba dipintu kota perlindungan, “pintu” itu harus ditutup kembali untuk mencegah agar mereka tidak dapat masuk.

Pemimpin menghitung berapa orang yang dapat masuk dengan selamat ke kota perlindungan. Kemudain saudara dan pembunuh bertukar tempat. Kelompok yang terbanyak masuk dengan selamat ke kota perlindungan, itulah yang menjadi pemenang.

Tujuan: Mengingatkan kita bahwa Yesus Kristus-lah yang menjadi kota perlindungan kita. Sebelum kita percaya kepada Yesus Kristus, kita binasa. Tetapi kini di dalam Dia, kita beroleh hidup yang kekal.

S3 = SHARING APLIKASI FIRMAN TUHAN (50-60 Menit)

GOL : Semua yang hadir melakukan dan mengalami kebenaran Firman Tuhan.

Pertanyaan : Apa tema kotbah dan pelajaran-pelajaran yang disampaikan minggu lalu?

HELP FROM ABOVE #2 – PERTOLONGAN DARI ATAS #2
DARI MANA DATANG PERTOLONGANMU?

  1. TUHAN ADALAH SUMBER PERTOLONGAN KITA.
    • a. Mazmur 121:1-8: 1 nyanyian ziarah. AKU MELAYANGKAN MATAKU KE GUNUNG-GUNUNG; DARI MANAKAH AKAN DATANG PERTOLONGANKU?
      • • Kalau anda mencari pertolongan dari manusia, maka anda akan kecewa.
    • b. 2 PERTOLONGANKU IALAH DARI TUHAN, YANG MENJADIKAN LANGIT DAN BUMI.
    • c. 3 Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. 4 Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel.
      • • Pertama, Tuhan adalah penolong yang bisa diandalkan di setiap waktu.
      • • Kedua, Tuhan adalah penolong yang selalu tepat waktu.
        • – Lukas 18:7 Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka?
    • d. 5 TUHANlah Penjagamu, TUHANlah naunganmu di sebelah tangan kananmu. 6 Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang, atau bulan pada waktu malam. 7 TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu. 8 TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.
  1. 3 CARA TUHAN MENOLONG KITA
    1. TUHAN BISA MENOLONG KITA MELALUI TANGAN ORANG LAIN.
      • • Keluaran 3:21-22 21 Dan Aku akan membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa ini, sehingga, apabila kamu pergi, kamu tidak pergi dengan tangan hampa, 22 tetapi tiap-tiap perempuan harus meminta dari tetangganya dan dari perempuan yang tinggal di rumahnya, barang-barang perak dan emas dan kain-kain, yang akan kamu kenakan kepada anak-anakmu lelaki dan perempuan; demikianlah kamu akan merampasi orang Mesir itu.”
      • • Jadi karena Tuhan bisa menolong kita melalui orang lain, apa yang harus kita lakukan?
        • a. Pertama, fokuslah kepada Tuhan dan jangan menaruh harapan pada manusia.
          • – Ester 4:14 Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga PERTOLONGAN DAN KELEPASAN DARI PIHAK LAIN, dan engkau dengan kaum keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu.”
        • b. Kedua, hormatilah dan berbuatlah baik kepada semua orang, karena anda tidak tahu siapa yang akan dipilih Tuhan untuk menolong anda.
        • c. Ketiga, jangan hanya berharap Tuhan memakai orang untuk menolong anda. Sediakan juga hidupmu untuk dipakai Tuhan untuk menolong orang lain.
    2. TUHAN BISA MENOLONG KITA MELALUI TANGAN KITA SENDIRI.
      • Keluaran 16:4 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak.
    3. TUHAN BISA MENOLONG KITA MELALUI TANGAN KITA SENDIRI.
      • Mazmur 144:1 Dari Daud. Terpujilah TUHAN, gunung batuku, yang mengajar tanganku untuk bertempur, dan jari-jariku untuk berperang;
      • • ‘Help from Above’ tidak berarti kita pasif dan diam, justru kita harus terus berusaha.
      • • Rumus untuk mengalami Help from Above = favor (perkenanan Tuhan) + usaha!
          • – Kejadian 2:5 belum ada semak apa pun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apa pun di padang, SEBAB TUHAN ALLAH BELUM MENURUNKAN HUJAN KE BUMI, dan BELUM ADA ORANG UNTUK MENGUSAHAKAN TANAH ITU;
      • • Kita harus menyadari bahwa semuanya karena pertolongan Tuhan.

PERTANYAAN: Dari manakah sumber pertolongan yang terutama dalam hidupmu? Mengapa demikian? Sharingkan!

APLIKASI: Setelah mendengarkan firman Tuhan minggu ini, maka sudah mengerti kah Anda bahwa pertolongan kita itu datangnya hanya dari Tuhan saja? Jika mengerti, lalu komitmen seperti apakah yang akan Anda lakukan? Tulis dan sharingkan!


DOA PROFETIK SESUAI FIRMAN (5-10 Menit)


DOA SYAFAAT PROFETIK (10 Menit)

Pemimpin doa mengajak dan menggerakkan anggota kelompok sel untuk berdoa profetik;

  1. Bagi bangsa dan negara kita Indonesia
  2. Gereja kita, rhema Yesaya 60 digenapi, visi 1 juta jiwa diselamatkan
  3. Gembala sidang dan hamba-hamba Tuhan serta pelayan Tuhan Keluarga Allah
  4. Kesatuan dan kekudusan jemaat dan seluruh pelayan Tuhan
  5. Semua kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita
  6. Untuk persiapan seluruh rangkaian ibadah Natal 2021
  7. Permohonan doa jemaat

KESAKSIAN:

Saya mau bersaksi tentang mujizat yang TUHAN nyatakan pada istri saya beberapa waktu lalu, dimana istri saya terkena stroke, jadi waktu itu (malam minggu) sekitar jam 12 malam istri saya tidak bisa bangun dari tempat tidur, dan mau balik badan saja tidak bisa. Singkat cerita dia buang air besar dan air kecil saja harus di tempat tidur. Bahkan sempat waktu itu intimidasi iblis masuk pada kami “sudah tidak usah ikut Tuhan, tidak usah pelayanan lagi, tidak usah ke gereja lagi”

Tapi kami sangat bersyukur, kami berada di gereja dan komunitas yang benar dan berkenan bagi Tuhan yaitu gereja kita Keluarga Allah, dimana kami selalu diajarkan untuk melekat dan dekat dengan Tuhan melalui doa, pujian penyembahan dan perkataan iman. Saat itu semalaman kami berdoa, memuji menyembah Tuhan serta memperkatakan firman. Istri saya pun waktu itu bilang/bernazar kepada TUHAN “TUHAN kalau Engkau sembuhkan saya, besok saya mau ke gereja dan mau ikut TUHAN dengan sungguh-sungguh dan belajar melayani TUHAN”

Sungguh dahsyat Tuhan kita! Sampai jam 6 pagi di hari Minggu-nya itu, TUHAN benar-benar nyatakan mujizatNya bagi istri saya, dan saat itu juga istri saya SEMBUH TOTAL SAMPAI DETIK INI saya mengirimkan kesaksian saya. Terpujilah nama Tuhan kita yang dahsyat dan luarbiasa. Demikian kesaksian saya, semoga menjadi berkat. Tuhan Yesus memberkati.

Narasumber Kesaksian : Bp. Obie (GBI Keluarga Allah – Komsel Online GI 37)

S4 = SASARAN RENCANA (15 Menit)

KKS mengevaluasi dan merencanakan pertemuan komsel berikutnya. KKS mendorong setiap anggota untuk mensupport dan ambil bagian dalam kegiatan dan program yang sedang dijalankan di gereja kita.

DOA PENUTUP (5 MENIT)

 

Download PDF