Fokus Menggenapi Rencana Tuhan

RHEMA HARI INI
Mazmur 92:13-14 β€œ13 Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; 14 mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita.”

Siapa yang tidak mengenal Ibu Teresa dari Kalkuta? Hampir setiap orang mengenal nama dan wajahnya. Terpanggil melayani Tuhan bagi orang-orang miskin dan sakit di India, Agnes Gonxha Bojaxhiu sejak usia muda meninggalkan negaranya dan menjadi cahaya bagi mereka yang ia layani. Ia mengajari anak-anak yang kurang mampu, menjaga dan merawat orang sakit dan tindakan sosial lainnya. Setiap orang diajaknya untuk senantiasa mengulurkan tangannya untuk melayani dan membuka hati. Melalui pelayanannya, ia memberikan hidupnya sendiri, sebagaimana Tuhan memberikan pelayanan kasih kepada kita dengan memberikan diri sepenuhnya. Dalam karya pelayanannya, ia tidak membedakan apa dan siapa. Namun, penekanannya adalah pelayanan tersebut harus diberikan kepada orang yang sangat membutuhkan. Dan hal ini telah dilakukannya dalam karya pelayanannya. Ia memberikan perhatian khusus kepada kaum miskin dan mereka yang mengalami penindasan. Sepanjang tahun-tahun terakhir hidupnya, meskipun mengalami gangguan penyakit yang cukup parah, Ibu Teresa tetap memimpin pelayanan kemanusiaan yang telah ia rintis bersama dengan ribuan biarawatinya.
Ibu Teresa dari Kalkuta tak mengenal lelah dalam perjuangan imannnya sampai pada titik akhir. Demikian pula hendaknya setiap kita memiliki iman yang tetap bertahan sampai akhir nafas hidup kita. Dalam perjalanan iman kita, kalau fokus perjuangan kita adalah untuk diri kita sendiri, maka sampai di satu titik kita akan merasa jenuh, capek dan lelah. Kalau fokus perjuangan kita adalah untuk orang lain, maka sangat besar kemungkinan kita akan dikecewakan, karena memang manusia mengecewakan. Namun jika kita hidup dengan fokus menggenapi rencana Tuhan atas hidup kita, maka akan ada pengurapan dan kekuatan Sorgawi yang melampaui kekuatan kita sendiri.

RENUNGAN
Kekuatan untuk memiliki iman sampai akhir adalah ketika kita MEMFOKUSKAN HIDUP kita untuk menggenapi RENCANA TUHAN.

APLIKASI
1. Mari evaluasi kehidupan kita sampai saat ini, adakah kita telah memahami rencana Tuhan dan panggilanNya atas hidup kita atau belum ?
2. Apa saja yang menjadi panduan hidup Anda untuk menggenapi rencana-Nya ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami yang penuh kasih, ajari kami menghitung hari-hari kami sehingga kami beroleh kebijaksanaan dari-Mu dan kami sanggup masuk dalam rencana & panggilan-Mu sampai akhir masa hidup kami. Dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.