Ada Kesempatan Besar Dibalik Masa Sukar

BACAAN HARI INI
I Tesalonika 5:12-22

RHEMA HARI INI
I Tesalonika 5:18 “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

Zaman dahulu kala, tersebutlah seorang raja yang menempatkan sebuah batu besar di tengah-tengah jalan. Raja tersebut kemudian bersembunyi, untuk melihat apakah ada yang mau menyingkirkan batu itu dari jalan. Beberapa pedagang terkaya yang menjadi rekanan raja tiba di kota itu, berjalan melingkari batu besar tersebut. Banyak juga yang datang, kemudian menggerutu tentang sang raja, karena tidak membersihkan jalan dari rintangan. Tetapi tidak ada satupun yang mau melancarkan jalan dengan menyingkirkan batu itu. Kemudian datanglah seorang petani, yang menggendong banyak sekali sayur mayur. Ketika dia semakin dekat, petani ini kemudian meletakkan dahulu bebannya, dan mencoba memindahkan batu besar itu ke pinggir jalan. Setelah banyak mendorong dan mendorong, akhirnya ia berhasil menyingkirkan batu besar itu. Ketika si petani ingin mengangkat kembali sayurnya, ternyata di tempat dimana batu tadi berada, ada sebuah kantong yang berisi banyak uang emas serta sepucuk surat dari sang raja. Surat itu mengatakan bahwa emas tersebut diperuntukkan bagi orang yang mau menyingkirkan batu tersebut dari jalan.

Dalam kisah di atas si petani bisa melihat kesempatan di balik batu besar yang menghalangi jalan sehingga ia bisa memperoleh berkat yang luar biasa di balik masalah yang dialami. Mungkin kalau kita hanya melihat pada batu yang besar, kita akan berpikir negatif bahwa yang ada hanyalah masalah. Dunia ini dipenuhi oleh orang-orang yang selalu mengeluh setiap harinya. Ada saja hal-hal yang membuat mulut mereka mengucapkan kata-kata yang sia-sia setiap harinya. Pekerjaan yang berat, keluarga yang terlalu banyak menuntut, sahabat-sahabat yang kurang solider, anak-anak yang sulit diajar merupakan beberapa contoh dari banyak problema yang dihadapi manusia. Daripada melihat semua masalah tersebut, cobalah untuk melihat kesempatan dibalik setiap masalah yang ada. Selagi masih ada kesempatan, mari kita menjalani hidup dengan ucapan syukur kepada Tuhan dan mengerjakan apa yang menjadi bagian kita di dunia ini dengan sebaik mungkin. Ingatlah bahwa ada kesempatan besar dibalik masa sukar. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
Ingatlah bahwa ada KESEMPATAN besar dibalik masa SUKAR.

APLIKASI
1. Hal apa yang akan anda lakukan agar anda tetap menemukan kesempatan dimasa sukar ?

DOA UNTUK HARI INI
Kami percaya Bapa melalui renungan hari ini kami tahu bahwa selalu ada kesempatan dibalik masa sukar yang kami alami.
Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Raja-raja 1-3
1 Korintus 12