ADA TERANG TUHAN BAGI YANG PERCAYA [RESIKA]

BACAAN HARI INI

Matius 4:12-17

RHEMA HARI INI

Matius 4:16 bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang.”

Hari-hari ini banyak sekali orang bercerita bahwa kondisi sedang sangat sulit, bahkan tidak sedikit dari anak-anak Tuhan yang juga merasakan keadaan serupa. Hal yang sama juga dialami oleh salah satu jemaat Gereja Internet. Dimana café yang ia buka sejak 18 tahun yang lalu mengalami kerugian hingga akhirnya pun tutup. Baginya, masa-masa itu sangat berat, dimana bukan hanya ia menutup tempat usahanya, tapi ia juga harus memutuskan hubungan kerja dengan semua karyawannya.

Tetapi, Tuhan berkarya dengan sangat ajaib. Semenjak ia dengan setia dan sungguh-sungguh mengikuti Pondok Daud, serta menangkap setiap kegerakan Tuhan yang disampaikan oleh gembala sidang, bapak Pdt. Obaja Tanto Setiawan, ia merasakan bahwa Tuhan selalu menuntun dan memberikan terang hikmatNya. Tiba-tiba ada seseorang yang menghubunginya, dan memesan makanan bungkus. Dari situ, ia yang awalnya sama sekali tidak bisa masak, bahkan dalam kesaksiannya ia berkata “saya masak nasipun selalu lembek atau keras, dadar telur saja hangus atau keasinan. Suatu hal yang mustahil kalau saya bisa masak. Anak saya yang kerja di luar kotapun sampai terheran-heran begitu tahu sekarang mamanya bisa masak.” Tapi saat ia menyerahkan semuanya total kepada Tuhan, dan menghidupi janji Tuhan dalam Yesaya 60 itu terjadi atas hidupnya dan keluarganya, maka itu sungguh-sungguh Tuhan genapi. Di akhir kesaksiannya ia bercerita “Puji Tuhan banyak pesanan dan testimoni yang pesan makanan. Salah satunya mantan Gubernur yang makan masakan saya katanya; nasi goreng Makassar (buatan saya) enak sekali.”

Dunia boleh gelap, kelam dan mengalami krisis, tetapi kita anak-anak Tuhan akan muncul menjadi terang bagi dunia ini. Sekalipun wabah sempat melanda, sekalipun keadaan ekonomi masih belum stabil, tetapi tahun 2020 ini tetap adalah tahun kemuliaan Tuhan! Dengan jelas Tuhan sudah ingatkan kita di Yesaya 60: SEKALIPUN KEGELAPAN MENUTUPI BUMI DAN KEKELAMAN MENUTUPI BANGSA-BANGSA, TERANG TUHAN AKAN TERBIT DAN KEMULIAANNYA AKAN NYATA ATAS KITA!

RENUNGAN

SEMAKIN GELAP krisis yang terjadi, SEMAKIN TERANG kemuliaan dari revival yang akan Tuhan kerjakan.

APLIKASI

  1. Kondisi seperti apakah yang sedang Anda hadapi hari-hari ini? Apakah kondisi tersebut sempat melemahkan iman percayamu kepada Tuhan?
  2. Langkah seperti apakah yang Anda lakukan untuk menghadapinya?
  3. Tuliskan komitmenmu dalam meresponi firman Tuhan hari ini, kemudian catat dan renungkan setiap pertolongan Tuhan yang dinyatakan atas hidupmu!

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, terimakasih untuk siang hari ini. Kami mengucap syukur karena Engkau Bapa yang selalu mengingatkan kami untuk terus berjuang dengan iman atas janjiMu bagi kami. Ya, Allah Roh Kudus tolong kami untuk kami terus berjalan dan berjuang bersama dengan Engkau, sehingga janji Tuhan di tahun kemuliaan ini digenapi atas setiap kami. Terimakasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.