Ada Waktu Persiapan

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 05 Oktober 2016

BACAAN HARI INI

Pengkhotbah 3:1-15

RHEMA HARI INI

Pengkhotbah 3:11a Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya…

Abram yang kemudian namanya diubahkan Tuhan menjadi Abraham, dari “bapa yang ditinggikan” menjadi “bapa orang banyak” merupakan orang yang dijanjikan Tuhan menjadi bapak banyak bangsa tanpa disebutkan kapan dan bagaimana dia bisa menjadi seorang bapak. Pada waktu Abraham berumur 99 tahun, Tuhan menampakkan diri kepada Abraham sekali lagi, dengan janji bahwa keturunannya akan menjadi banyak bangsa. Dari keturunannya-lah akan berasal raja-raja, juga mengenai Kanaan yang akan menjadi miliknya selama-lamanya. Tentang Abraham, rasul Paulus menulis, “Imannya tidak menjadi lemah, walaupun ia mengetahui, bahwa tubuhnya sudah sangat lemah, karena usianya telah kira-kira seratus tahun, dan bahwa rahim Sara telah tertutup. Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan, malah ia diperkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah, dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan”. Tentang Sarah, penulis Ibrani menyatakan, “Karena iman ia juga dan Sara beroleh kekuatan untuk menurunkan anak cucu, walaupun usianya sudah lewat, karena ia menganggap Dia, yang memberikan janji itu setia.” Abraham harus sabar menunggu. Hanya waktu ia sudah berumur 100 tahun dan Sara istrinya sudah 90 tahun dimana Sara sudah lewat masa subur untuk seorang wanita dapat mengandung anak, barulah janji Allah digenapi dan Ishak lahir. Penantian Abraham dan Sara sangat bermakna dengan penggenapan janji Tuhan dalam hidup mereka. Segala sesuatunya telah disiapkan dengan baik selama masa penantian mereka akan Ishak dan Abraham maupun Sara tidak bimbang dalam imanNya kepada Tuhan.

Sebelum melakukan perkara besar, Tuhan seringkali tidak langsung melakukan terobosan dalam hidup kita, akan tetapi akan mengadakan waktu persiapan untuk memberi kesempatan pada kita untuk terus bertumbuh, belajar banyak hal dan mempersiapkan diri kita untuk dapat mengalami terobosan yang sangat besar bagi kemuliaan Allah. Saat inilah Tuhan akan mendidik dan melatih kita untuk setia dalam perkara kecil. Sekalipun bisnis Anda masih kecil, karir Anda masih di bawah, keuangan Anda masih sedikit, Tuhan ingin Anda mengusahakan dan mengelolanya dengan segenap hati supaya suatu saat nanti ketika Tuhan percayakan dengan perkara yang besar, Anda sudah siap untuk menerimanya.

RENUNGAN

Sebelum melakukan PERKARA BESAR, Tuhan mengadakan WAKTU PERSIAPAN untuk mengajari kita makin bertumbuh.

APLIKASI

  1. Apa yang Anda lakukan di waktu persiapan yang diadakan Tuhan bagi Anda?
  2. Sudahkah Anda mengutamakan Tuhan dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk terobosan besar yang disiapkan bagi Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih untuk waktu persiapan yang diberikan Tuhan bagi kami untuk terus belajar dan mempersiapkan diri untuk terobosan yang sudah Tuhan siapkan bagi kami di kemudian hari. Ajar kami untuk tetap bersabar dan memuliakan Tuhan sampai terobosan itu menjadi nyata dalam hidup kami. Terima kasih Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Bilangan 16-17