Ada Yang Menahan

BACAAN HARI INI
2 Tesalonika 2:1-12

RHEMA HARI INI
2 Tesalonika 2:7-8a Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan, 8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya

Banjir bandang yang sempat terjadi di Tulungagung dan Pasuruan pada akhir musim hujan April yang lalu, dianalisa oleh LSM Pusat Pelatihan Lingkungan Hidup (PPLH) sebagai akibat dari penggundulan hutan. Analisis itu mengacu pada kronologi asal air bah yang meluncur dari arah perbukitan sebelum akhirnya berubah menjadi banjir bandang dan menerjang puluhan pemukiman di sejumlah desa. Karena pepohonan yang bisa menahan air jumlahnya berkurang sangat drastis, maka air hujan terus mengalir di permukaan gunung/bukit dan langsung meluncur ke bawah tanpa sempat terserap ke dalam tanah. Arus air berubah menjadi banjir bandang saat luncuran air dari puncak bukit/gunung berkumpul dalam satu aliran dan menerjang desa-desa dan pemukiman yang ada di bawahnya. Kerugian akibat banjir bandang di daerah ini ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Seperti pohon yang bisa menahan air hujan sehingga tidak meluncur terus sampai ke bawah, demikian juga kita anak-anak Tuhanlah yang bisa menahan Antikris sehingga ia belum bisa berkuasa sepenuhnya di atas muka bumi ini. Itu sebabnya ketika nanti kita diangkat untuk bertemu dengan Tuhan Yesus di awan-awan, maka saat itulah Antikris berkuasa dan mendatangkan masa kesusahan besar bagi umat manusia di muka bumi ini.

Jadi, kita tidak perlu takut dengan berita-berita mengenai Antikris. Sebab, beberapa berita yang disebarkan melalui social media menyatakan bahwa kita harus bersiap-siap menghadapi masa Antikris dengan membuka lahan bercocok tanam di pegunungan, dll. Memang, kita harus selalu waspada dan berjaga-jaga, tetapi bentuk kewaspadaan kita bukan dengan cara yang seperti itu, melainkan terus membangun hidup yang makin melekat kepada Tuhan dan terus berjalan dalam kehendak Tuhan, sehingga kita bisa mengalami pengangkatan ketika Tuhan Yesus datang di awan-awan. Selain itu, karena ini adalah seperti putaran terakhir dalam perlombaan lari marathon, maka kita perlu mengerahkan segenap kekuatan kita untuk selamatkan jiwa berapapun harganya, sehingga lebih banyak lagi orang yang diselamatkan dan mengalami pengangkatan, bertemu dengan Tuhan Yesus.

RENUNGAN
Kita, orang-orang percaya yang penuh Roh Kudus, yang MENAHAN KEKUATAN ANTIKRIS, sehingga ia belum bisa berkuasa sepenuhnya di muka bumi ini.

APLIKASI
Setelah Anda membaca serta merenungkan renungan hari ini, tanggung jawab seperti apa yang Tuhan taruh dalam hidup Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terus bawa hidup kami semakin melekat kepada-MU dan berjalan dalam kehendak-MU sehingga kami menjadi orang-orang yang berkenan di hati-MU. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ayub 14-16