Aib Dirubah Menjadi Kebanggaan Abadi

BACAAN HARI INI
Yesaya 60:1-22

RHEMA HARI INI
Yesaya 60:15 “Sebagai ganti keadaanmu dahulu, ketika engkau ditinggalkan, dibenci dan tidak disinggahi seorangpun, sekarang Aku akan membuat engkau menjadi kebanggaan abadi, menjadi kegirangan turun-temurun.”

Bila kita melihat kisah dari rasul Paulus, yang juga dikenal sebagai Saulus, kita semua tahu bahwa dulunya dia bukanlah seorang yang mengasihi Tuhan. Sewaktu gerakan kekristenan mulai melanda Yerusalem, dia adalah salah satu dari sekian orang Farisi yang menindas dan menyiksa orang-orang percaya pada waktu itu. Perajaman Stefanus juga merupakan inisiatif darinya, sehingga sewaktu Ananias mendapatkan rhema dari Tuhan untuk mendoakan penglihatannya yang dibutakan Tuhan, dia pertama kalinya menolak karena orang tersebut adalah orang yang menangkap dan memenjarakan banyak orang yang percaya pada nama Yesus. Semua rasul dan orang percaya menjadi takut akan dia dan meragukan kesungguhan dan imannya dalam mengikuti Yesus Kristus. Namun aib dan kesalahan Paulus di masa lalu tidak menghalanginya untuk terus melangkah dalam ambisi dan cita-citanya di dalam pelayanannya. Dia terus memberitakan injil Kristus dengan segala kemampuannya dengan sungguh-sungguh hingga pelayanannya mencapai level global. 14 dari 27 buku di dalam Perjanjian Baru adalah karya tulisan tangannya yang hingga kini telah banyak mempengaruhi dan memimpin 2 milyard lebih orang Kristen di dunia dalam kehidupan rohani dan spiritual mereka. Pelayanannya juga tidak hanya berpusat di kota asalnya yaitu di Tarsus atau hanya di Damascus, yaitu kota dimana pertama kali dia bertemu dengan Tuhan Yesus dan dimana dia dipulihkan, tapi juga membentang mulai dari Roma di Barat sampai ke Yerusalem di Timur, termasuk di antaranya Korintus, Tesalonika, Filipi, Efesus, Kolose, Galatia, dan Antiokia.
Sama seperti rasul Paulus, mungkin di tahun 2014 yang telah lewat, ataupun di tahun-tahun sebelumnya, anda telah banyak melakukan kesalahan yang sudah terlanjur menjadi aib yang diketahui banyak orang. Mungkin saat ini banyak orang menganggap anda tidak pantas untuk melayani Tuhan karena dosa-dosa anda sangat besar untuk bisa bertobat dan menerima anugerah-Nya. Mungkin rumah tangga yang anda bangun mengalami cobaan, pekerjaan dan keuangan anda sedang kering sehingga terpaksa harus hutang di sana-sini, studi anda hancur lebur, pelayanan anda dicibir dan ditentang banyak orang, akibatnya banyak rekan kerja, partner, sahabat, relasi dan juga teman pelayanan yang mulai meninggalkan anda. Namun janganlah takut, karena meskipun semua orang telah meninggalkan anda, Tuhan Yesus tetap sama dari dulu, sekarang dan untuk selama-lamanya, tetap percaya bahwa Dia sanggup untuk mengubah aib anda menjadi kebanggaan abadi dengan global blessing di tahun 2015 ini. Jika Tuhan tidak menyerah pada anda, maka janganlah menyerah dengan keadaan, teruslah melangkah di dalam-Nya, terus cari Dia, terus layani Dia, terus kerjakan keselamatanmu, terus usahakan segala yang engkau bisa, sehingga anda tidak hanya puas sampai di level lokal, tapi juga bisa terus maju sampai level global, karena bukan dengan kekuatan kuda yang membuat kita mampu, namun oleh Roh, dan hanya kuasa-Nya yang ajaib yang akan membuat kita bisa terbang tinggi mendunia.

RENUNGAN
Tahun 2015 ini, Tuhan akan mengubah AIB Anda menjadi KEBANGGAAN ABADI.

APLIKASI
1. Mendengar kabar yang luarbiasa melalui renungan hari ini, tindakan apa yang akan anda lakukan agar tidak terlewatkan dengan kesempatan yang Tuhan sediakan ini ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa tahun ini sungguh tahun yang luarbiasa bagi setiap kami, kami bersyukur jika setiap AIB atau dosa-dosa kami akan Engkau ubahkan menjadi Kebanggaan yang abadi. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 7-9
Filipi 3