AKAR UTAMA HILANGNYA PERCAYA DIRI

BACAAN HARI INI

Bilangan 13:1-33

RHEMA HARI INI

Bilangan 13:33 Juga kami lihat di sana orang-orang raksasa, orang Enak yang berasal dari orang-orang raksasa, dan kami lihat diri kami seperti belalang, dan demikian juga mereka terhadap kami.”

Memasuki SMP, Lita tidak lagi tinggal bersama orangtuanya. Ia tinggal di rumah saudaranya karena dekat dengan sekolahnya yang baru. Merasa berasal dari desa, Lita merasa minder. Ia merasa kurang cantik, tidak kaya dan tidak terlalu pandai. Perasaan itu membuat Lita tidak percaya diri saat bersama teman-teman sekolahnya. Ditambah lagi beberapa teman berkata negatif tentang dirinya dan sering menjadikannya bahan ledekan karena logat bicaranya yang medok. Lita jadi tidak berani mengikuti kegiatan-kegiatan tambahan di sekolah dan selalu ragu-ragu untuk melakukan segala sesuatu. Ketidak percayaan diri Lita berlanjut sampai ia memasuki dunia perkuliahan, sehingga ia lebih sering menarik diri dari teman-temannya.

Begitu kuatnya pengaruh perkataan negatif, sehingga bangsa Israel “teracuni” oleh perkataan para pengintai. Dari 12 orang yang diutus Musa untuk mengintai tanah Kanaan, kecuali Yosua dan Kaleb, sepuluh orang pengintai yang lain berkata bahwa di sana ada orang-orang raksasa yang begitu kuat, sehingga membuat bangsa Israel seperti belalang saja layaknya. Kecil, lemah dan tak mungkin bisa menang. Mungkin banyak diantara kita yang hidup dari apa kata orang. Telinga kita begitu peka akan pembicaraan atau komentar orang tentang diri kita. Terlebih jika komentarnya negatif, kita akan terus memikirkannya dan akhirnya menjadi tidak percaya diri.Lebih parah lagi, kita bisa merasa benci dengan diri kita sendiri karena selalu membandingkan dengan orang lain yang kita anggap lebih hebat.

Sebenarnya akar kehilangan kepercayaan diri yang paling utama adalah rusaknya gambar diri. Gambar diri seseorang bisa menjadi rusak akibat perkataan dan penghakiman orang lain. Oleh karena itu, mulai hari ini selektiflah mendengarkan perkataan di sekeliling kita. Dan sebaliknya, berhati-hati dalam mengucapkan sesuatu kepada orang lain. Hanya DENGARKAN dan UCAPKAN kata-kata yang bisa membangkitkan. Yang bisa mendatangkan damai dan yang bisa membangun percaya diri. Sebab kehilangan percaya diri, membuat kita gagal meraih apa yang telah Tuhan janjikan dalam hidup kita. Dengan memfilter apa yang masuk telinga dan keluar dari mulut kita, gambar diri kita akan pulih dan memiliki percaya diri ilahi yang berasal dari Tuhan. (LEW)

RENUNGAN

RUSAKNYA GAMBAR DIRI adalah AKAR UTAMA hilangnya percaya diri.

APLIKASI

1. Apakah Anda pernah mengalami gambar diri yang rusak?
2. Hal apakah yang menyebabkannya? Apa akibatnya dalam hidup Anda?
3. Bagaimana seharusnya Anda harus bertindak untuk menjaga gambar diri Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, kami mau memiliki gambar diri yang benar. Ajari kami untuk menutup telinga atas perkataan-perkataan negatif di sekitar kami. Dan jagalah mulut kami agar hanya kata-kata membangun yang senantiasa kami ucapkan. Terima kasih, ya Tuhan Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!