AKAR YANG SALAH MENYEBABKAN TIDAK BERBUAH ATAU BUAHNYA JUGA SALAH

RHEMA HARI INI

Matius 12:33 Jikalau suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya; jikalau suatu pohon kamu katakan tidak baik, maka tidak baik pula buahnya. Sebab dari buahnya pohon itu dikenal.

Akar adalah bagian dari tanaman yang tidak kelihatan tetapi sangat besar, mendominasi, dan menjalar ke mana-mana. Fungsinya adalah untuk menyerap makanan dan nutrisi dari tanah tempatnya tertanam. Jika sebuah tanaman tumbuh di tanah yang tercemar oleh polusi, maka pertumbuhannya akan terhambat. Tanaman itu akan menjadi kerdil, tumbuhnya tidak normal dan jika tanaman itu atau buahnya di konsumsi, bisa membahayakan kesehatan. Contohnya sayur mayur yang tercemar oleh logam berat seperti mercury dan timbal.

Sama seperti akar yang tidak bisa dilihat oleh orang lain, hanya kita sendirilah yang tahu apa yang yang terbesar dan mendominasi hidup kita. Itulah akar dalam hidup kita. Sebagian orang tidak menyadari bahwa akar hidupnya adalah cinta uang. Ketika kesehatan di korbankan untuk mengejar uang, berteman hanya karena memiliki motivasi mendapatkan uang, mengorbankan Tuhan demi uang, atau bahkan berani memanfaatkan nama Tuhan untuk memperoleh uang, berhati-hatilah! Sebab firman Tuhan telah berkata, cinta uang adalah akar dari segala kejahatan. Sebagian ada yang sangat berakar dalam dosa perzinahan, sebagian lagi akar hidupnya adalah hobi, gelar atau karir, kuliner, shooping atau hal keduniawian lainnya.

Kalau sampai akar kita salah, tidak heran hidup kita tidak berbuah. Atau jika berbuahpun, buahnya juga salah. Apakah seseorang telah memiliki akar yang benar, dapat kita lihat dari buah yang dihasilkannya. Seorang yang sungguh-sungguh mengasihi dan berkomitmen pada Tuhan, hidupnya pasti akan penuh penyertaan Tuhan. Ada berkat, perlindungan, anugerah, damai sejahtera dan sukacita dalam hidupnya. Hidupnya memiliki arti dan menjadi berkat bagi orang-orang di sekitarnya. Saat kita berakar di dalam Tuhan dan Tuhan berakar kuat di dalam hidup kita, maka hidup kita akan berbuah lebat dengan buah yang gilang gemilang penuh dengan kemuliaan.

RENUNGAN

AKAR yang SALAH membuat hidup kita TIDAK BERBUAH, atau jika berbuah, BUAHNYA JUGA SALAH.

APLIKASI

1. Apakah yang dimaksud dengan akar yang salah dan buah yang salah itu?
2. Jika Anda koreksi diri Anda sendiri, apakah yang selama ini menjadi akar dalam hidup Anda? Seperti apa buah yang dihasilkannya?
3. Apa komitmen Anda untuk semakin kuat berakar di dalam Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, pimpin setiap kami supaya kami terus berakar kuat di dalam Engkau. Sehingga hidup kami ini bisa menghasilkan buah yang benar dan jadi berkat. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!