Akibat Dari Kemunduran Rohani Pada Jasmani Kita

ReKA Video

Berlangganan ReKA Video melalui:

youtube

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

pablo (1)

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

BACAAN HARI INI
2 Tawarikh 28:1-27

RHEMA HARI INI
2 Tawarikh 28:23 Ia mempersembahkan korban kepada para allah orang Damsyik yang telah mengalahkan dia. Pikirnya: “Yang membantu raja-raja orang Aram adalah para allah mereka; kepada merekalah aku akan mempersembahkan korban, supaya mereka membantu aku juga.” Tetapi allah-allah itulah yang menjadi sebab keruntuhan bagi dia dan bersama-sama dengan dia bagi seluruh Israel.

Persaingan dagang yang sangat ketat membuat toko sembako Pak Barno sepi. Terdesak kebutuhan, akhirnya ia menuruti saran temannya untuk mencari “orang pintar”. Berbagai ritual ia jalankan, berbagai syarat juga ia kerjakan. Memang tokonya jadi ramai. Karyawannya sampai kewalahan melayani pembeli. Demi mengejar keuntungan, toko tetap dibuka di hari Minggu. Ia tidak ingin lagi beribadah, bahkan istrinya juga dilarang supaya bisa membantunya berjualan. Namun keuntungan melimpah yang didapat selalu habis untuk hal-hal yang tidak jelas. Anak-anaknya mulai membangkang karena kurang perhatian, dan istrinya pun berubah perangai. Kesalahpahaman dan pertengkaran mudah sekali tersulut dalam keluarga mereka.

Akibat kelelahan bekerja dan hati yang tidak bahagia, akhirnya pak Barno jatuh sakit. Ketika terbaring tak berdaya, barulah terpikir olehnya bahwa semua yang ia lakukan adalah kesia-siaan, bahkan membawa kehancuran dalam keluarga. Kesalahan yang sama, seperti yang dilakukan raja Ahas dalam bacaan kita hari ini. Ia mengikuti cara hidup raja-raja Israel lainnya yang menyembah Baal. Karena menyembah allah yang salah, bangsa Yehuda mengalami keruntuhan yang mengerikan. Bangsa ini menjadi bangsa yang miskin, ketakutan, lemah, dan menjadi sasaran empuk bagi musuh.

Tuhan tidak pernah berjanji bahwa anak-anak-Nya akan bebas dari masalah, tetapi Dia berjanji akan selalu menyertai dan memberi kemenangan bagi mereka yang setia. Menjauh dari Tuhan membuat kerohanian kita mengalami kemunduran dan kehancuran jasmani menanti di depan kita. Siapa allah yang kita sembah dan layani sangat menentukan keadaan hidup kita. Hanya ada satu Allah yang benar, yaitu Tuhan kita Yesus Kristus. Apa pun tantangan yang kita hadapi jangan pernah meninggalkan rumah Tuhan, sebab di sanalah pusat kebangunan rohani. Jika kita sungguh-sungguh menyembah Dia dan melayani-Nya, hidup kita tidak akan pernah runtuh. Yang runtuh pun sanggup Dia bangkitkan dan pulihkan kembali. Great revival pasti terjadi bagi kita yang mau masuk, dimuridkan, melayani, dan membangun pekerjaan Tuhan di rumah-Nya. (PF)

RENUNGAN
KEMUNDURAN ROHANI yang kita alami pada akhirnya bisa mengakibatkan KEHANCURAN JASMANI yang mengerikan.

APLIKASI
1. Periksa hati Anda, saat ini sudah benarkah allah yang Anda sembah?
2. Jika Anda pernah mengalami kemunduran rohani, apa yang Anda alami secara jasmani?
3. Langkah apa yang akan Anda ambil agar kerohanian Anda tetap teguh dan menyala-nyala?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ampuni kami jika ada kalanya hati kami lemah dan kami mulai menjauh dari-Mu. Tolong ingatkan kami Tuhan, ingatkan kami akan semua kebaikan-Mu dalam hidup kami, ingatkan kami akan kasih setia-Mu. Kami ingin tinggal dan menjadi bagian dari rumah-Mu sebab hanya di sana ada kebangunan, ada terobosan, pemulihan, dan keselamatan. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”