AKUI SEGALA KESALAHAN KITA DAN TERIMALAH PENGAMPUNAN DARI TUHAN

BACAAN HARI INI

1 Yohanes 1:5-10

RHEMA HARI INI

1 Yohanes 1:8-9 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.
Pada tahun 1972, seorang lelaki tua yang sudah bungkuk karena lanjut usia, berjalan terpincang-pincang memasuki kantor polisi di Jacksonville, Florida AS. Ia datang untuk memberikan pengakuan yang mengejutkan. Sejak tahun 1935 ia menutupi pembunuhan yang ia lakukan. 37 tahun lamanya ia telah menanggung beban rasa bersalah yang melumpuhkan semangat hidupnya. Dan sekarang ia tak sanggup lagi menahannya dan ingin melepaskan diri dari tekanan rasa bersalah itu.

Hampir tak ada sesuatupun yang dapat begitu merusak dan menghancurkan kepribadian seseorang seperti rasa bersalah. Perasaan ini menghambat kreativitas, menguras perhatian, mengganggu konsentrasi, menghamburkan daya emosi dan sangat menurunkan efisiensi seseorang. Rasa bersalah itu mengendap sampai ke dalam alam bawah sadar, sampai muncul kembali sebagai rasa takut atau rasa bermusuhan. Menyebabkan kepedihan, tekanan batin serta keputusasaan.

Hal yang pertama perlu kita lakukan adalah mengakui segala dosa kita di hadapan Tuhan dengan segenap hati. “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” (1 Yohanes 1 : 9). Bukan saja Tuhan akan melupakan dan tidak memperhitungkan lagi kesalahan kita, namun Tuhan juga akan memberikan kesembuhan total bagi hati, jiwa dan roh kita. Kita akan bisa meneruskan hidup kita tanpa dibebani oleh perasaan bersalah yang menghambat kita untuk meraih janji-janji Tuhan. Pegang erat-erat ayat rhema kita hari ini. Setiap kali rasa bersalah itu kembali muncul, perkatakan ayat ini sebagai satu jaminan yang Tuhan berikan kepada kita.

RENUNGAN

AKUILAH SEGALA KESALAHAN kita di hadapan Tuhan dengan SEGENAP HATI, maka Dia akan MENGAMPUNI kita.

APLIKASI

1. Sudahkah Anda mengakui segala kesalahan Anda dengan segenap hati di hadapan Tuhan?
2. Jika belum, apa yang menghalangi Anda? Apakah renungan pada malam hari ini memberi Anda pengertian yang baru?
3. Mengapa Anda perlu mengakui kesalahan Anda di hadapan Tuhan? Komitmen apa yang Anda buat?

DOA UNTUK HARI INI

Terimakasih Bapa karena Engkau Bapa yang sungguh baik dan sangat mengenal setiap kami. Kami mengakui segala kesalahan kami dihadapan-Mu dan kami percaya Engkau Bapa yang Maha Pengampun. Engkau sendiri yang akan mengampuni setiap dosa dan kesalahan kami sehingga kami mengalami kemerdekaan yang sejati. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!