Aliran-Aliran Air Hidup

BACAAN HARI INI
Yohanes 7:37-44

RHEMA HARI INI
Yohanes 7:38 “Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.”

Alkisah ada seorang biarawan yang sedang berbelanja di pasar. Tiba-tiba ia mendengar obrolan dua orang pedagang yang sedang memuji-muji seseorang. Penasaran, biarawan ini mencuri-curi dengar dan mendapati bahwa mereka sedang membicarakan seorang petani yang tinggal di dekat tempatnya tinggal. Masih dipenuhi seribu satu tanda tanya, keesokan harinya, biarawan ini akhirnya memutuskan untuk berkunjung ke rumah petani tersebut. “Apa yang membuat orang ini begitu spesial?” pikirnya dalam hati.

Terlihat seorang pria tengah baya berbadan kurus dengan kulit legam terbakar matahari sedang membereskan hasil panen di halaman rumah. Melihat biarawan tersebut, dengan senyum lebar, si petani mempersilakannya masuk ke rumah kayunya yang sederhana. Coklat hangat dan kue kering pun tersaji, siap menemani obrolan sore mereka. Saking asyiknya mengobrol, tidak terasa sudah lewat jam makan malam. Sang biarawan pun memutuskan untuk pamit pulang dengan masih menyimpan pertanyaan dalam hatinya. Ia belum menemukan hal spesial dari petani tersebut. “Hanya petani biasa,” pikirnya.

Petani ini pun mengantarkan sang biarawan sampai di pintu depan. Tiba-tiba, mereka mendengar teriakan kata-kata kotor dan alunan lagu-lagu dengan lirik seronok yang ternyata berasal dari sekelompok pemuda yang mabuk di seberang jalan. Dengan hati jengkel, biarawan itu menggumam, “Dasar anak muda sekarang. Doa macam apa yang bisa dipanjatkan untuk mengubah kelakukan mereka?” Mendengar itu, petani itu hanya tersenyum dan menjawab, “Mungkin.. doa agar mereka menerima keselamatan.”

Setiap kita yang sudah percaya pada Yesus memiliki sebuah sumur mata air dalam hati masing-masing. Namun, tidak semua sumur hati ini terisi penuh dengan air, ada juga sumur-sumur hati yang kering. Hanya orang-orang yang sudah menerima Baptisan Roh Kudus dan hidupnya selalu penuh dengan Roh Kuduslah yang sumur hatinya akan selalu penuh dengan aliran air hidup.

Roh Kudus dapat memenuhi sumur hati semua orang, tidak hanya biarawan (pemuka agama) atau orang-orang dengan kedudukan dan kekayaan saja, bahkan Roh Kudus dapat memenuhi hati seorang petani yang sangat sederhana. Ketika Ia memenuhi sumur hati seseorang dengan aliran-aliran air hidup, air itu akan memancar keluar lewat pikiran, perasaan, perkataan, dan perbuatan sehari-hari. Keadaan sekeliling tidak akan lagi mempengaruhi orang tersebut, melainkan ia akan membawa pengaruh positif bagi sekelilingnya. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Ketika kita DIBAPTIS ROH KUDUS, maka sumur mata air dalam diri kita berubah menjadi ALIRAN-ALIRAN AIR HIDUP, itulah sungai kehidupan dari Roh Kudus.

APLIKASI
 Apakah Anda sudah menerima Baptisan Roh Kudus ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami bersyukur telah menerima Baptisan Roh-Mu. Kami mau agar setiap hari ada aliran-aliran air hidup dalam kehidupan kami. Penuhilah kami, Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yesaya 50-52
Yakobus 4