Allah Yang Tetap Setia

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 02 November 2016

BACAAN HARI INI

2 Timotius 2:5-13

RHEMA HARI INI

2 Timotius 2:13 jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya.

Tentunya kita semua ingat, ketika masih kecil dulu, banyak sekali permainan tradisional. Sebab teknologi belum seperti sekarang ini. Dalam setiap permainan pasti ada aturannya, setiap aturan yang dilanggar dalam setiap permainan tentu ada sanksinya. Dalam sebuah permainan, pastinya kita tidak ingin salah langkah, tetapi kenyataannya sering kali kita salah langkah dalam sebuah permainan. Jika kita salah langkah dalam permainan pasti akan menuai kekalahan. Karena itu, kita pasti akan kembali supaya kita jangan salah langkah lagi, agar kemudian kemenanganlah yang kita dapatkan.

Begitu juga dengan kehidupan kita, jangan sampai kita salah mengambil keputusan atau salah melangkah. Untuk bisa tidak salah langkah, kita harus terus hidup dalam kehendak Tuhan dengan memohon penyertaan Tuhan. Baca “Manual Book” kehidupan kita, yaitu Alkitab. Di sanalah kita belajar memahami bagaimana Tuhan menuntun langkah kita. Jika ternyata kita sudah salah langkah, janganlah larut dalam kekecewaan. Namun bangkitlah untuk kembali pada Tuhan, karena Tuhan selalu setia menanti kita untuk kembali pada-Nya.

Dalam hal ini, Daud bisa menjadi contoh yang baik bagi kita, sebab ia selalu mencari Tuhan di dalam setiap langkahnya. Di samping semua keberhasilan dan nama besarnya, ia juga hanyalah seorang manusia biasa yang bisa berbuat salah. Namun, pada akhirnya, ia selalu kembali pada Tuhan. Dengan kesadarannya sendiri dan kerendahan hati, ia mencari Tuhan, bertobat, dan bertemu muka dengan Tuhan. Kesetiaan Daud dalam mencari Tuhan membuat Allah sangat mengasihinya. Sehingga takhta kerajaan Israel tidak pernah lepas dari keturunannya. Tuhan tetap setia dalam rencana-Nya untuk memberkati Daud dan keturunannya. Bahkan Juruselamat pun terlahir dari keturunannya. Sehingga rencana besar Tuhan untuk keselamatan seluruh umat manusia tergenapi melalui Daud.

RENUNGAN

Ketika langkah dan keputusan yang kita ambil salah, SEGERALAH BERBALIK, karena ALLAH TETAP SETIA

APLIKASI

  1. Tuhan sangat setia dan tetap setia, selalu berkenan menerima kita apa adanya. Koreksilah diri Anda, sejauh mana posisi Anda saat ini?
  2. Jika posisi Anda salah langkah, kembalilah pada Tuhan. Dia akan tetap setia menanti.

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kesetiaan-Mu sungguh luar biasa, Engkau selalu menerima kami apa adanya. Engkau selalu menantikan kami, menjagai kami kala kami tertidur dan menggandeng tanganku kala kami berjalan. Bawa kami senantiasa bersama-Mu, supaya kami juga terus setia seperti Engkau setia pada kami.
Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Hakim-hakim 1-2