ANDALKAN TUHAN SEBAGAI SUMBER KEKUATAN

RHEMA HARI INI

Yeremia 17:7-8 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Raja Uzia yang dimentori oleh Zakharia, melakukan apa yang benar dimata Tuhan, tepat seperti Amazia ayahnya. Sehingga meskipun diangkat menjadi raja dalam usia yang sangat muda, yaitu 16 tahun, Uzia berhasil membuat kerajaannya menjadi sangat kuat. Ia membangun banyak menara dan menggali banyak sumur. Ternak dan hasil kebun serta pertanian melimpah di jaman Uzia. Ia juga memperkuat pasukan tentara dan memperlengkapi mereka dengan baju zirah, perisai dan peralatan perang ciptaan para ahli. Bangsa Yehuda mengalami kejayaan dan nama Uzia termasyur sampai ke negeri-negeri yang jauh.

Semua ini berhasil dicapai oleh Uzia karena Tuhan menolong dengan ajaib. Selama Uzia hidup setia pada Tuhan, maka ada penyertaan Tuhan yang nyata.
Kematian Zakharia, yang selama ini mendampingi Uzia, membuat Uzia mulai berubah. Setelah ia menjadi makin kuat, Uzia menjadi tinggi hati dan berubah setia. Dengan percaya diri yang berlebihan, ia mengambil bagian imam untuk membakar ukupan. Saat imam kepala Azarya memperingatkannya, keangkuhan Uzia membuatnya sangat marah. Tindakan ini membuat hukuman Tuhan turun atas Uzia. Sangat disayangkan, apa yang telah diawali dengan begitu baik, berakhir tragis karena Uzia tidak lagi mengandalkan Tuhan.

Dari kisah Uzia ini kita dapat belajar bahwa ketika kita hidup mengandalkan Tuhan, maka segala usaha kita akan dibuat Tuhan berhasil (2 Taw 26:5). Apapun yang sedang kita alami saat ini, mari ubah mindset kita. Janganlah kita mengandalkan kekuatan sendiri ataupun pertolongan orang lain, tetapi jadikanlah Tuhan sebagai sumber kekuatan kita. Banyak orang yang begitu menemui masalah, langsung lari pada pertolongan duniawi. Saat dililit masalah keuangan, kita mengandalkan pinjaman. Saat mengalami masalah kesehatan, kita hanya mengandalkan pertolongan medis. Ingatlah bahwa manusia dan semua yang di dunia ini serba terbatas. Mengandalkan kekuatan dunia hanya akan membawa kita pada kesombongan, yang pada akhirnya justru akan menghancurkan hidup kita. Hanya ketika kita mengandalkan Tuhan, maka penyertaan Tuhan akan ada dan hidup kita akan berbuah banyak bagi Kerajaan Allah. Amin.

RENUNGAN

Mengandalkan TUHAN sebagai SUMBER KEKUATAN akan membuat hidup kita BERBUAH BANYAK bagi Kerajaan Allah.

APLIKASI

1. Pernahkah Anda mengalami satu situasi yang sangat berat?
2. Kekuatan dan pertolongan siapakah yang Anda andalkan saat itu? Apa alasan Anda?
3. Apa pengalaman Anda ketika mengandalkan Tuhan dengan ketika Anda mengandalkan kekuatan sendiri atau orang lain?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, ampuni kami jika selama ini kami lebih mengandalkan kekuatan kami dan pertolongan duniawi saat kami dalam kesusahan. Ajar kami, ya Tuhan untuk mengandalkan-Mu dalam segala perkara. Kami percaya, ketika kami menjadikan Engkau sebagai sumber kekuatan kami, maka hidup kami akan berbuah semakin lebat. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!