Anugerah Melimpah Atas Kesalahan Kita

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Raja-Raja 21-22
Lukas 23:26-56

BACAAN HARI INI
Roma 5:12-21

RHEMA HARI INI
Roma 5:20b dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah,

“Maafkan aku, ibu. Jika saja dulu Tasya tidak keras kepala dan menuruti nasihat ibu, pasti Tasya tidak akan mengalami hal-hal ini,” Tasya tersedu menyesali perbuatannya. Keputusannya tetap nekat untuk hidup mandiri jauh dari orangtuanya malah membuatnya tidak terkontrol hingga jatuh dalam berbagai perilaku yang tidak baik. Dalam keterpurukannya, ia bertemu dengan seorang teman lamanya yang kemudian mengajaknya untuk berbalik kepada Tuhan.

Sejak Adam jatuh dalam dosa, kuasa dosa mencengkeram kuat semua manusia. Akibat perbuatan dosa, maut tanpa ampun bertumbuh menjalar ke semua manusia. Akan tetapi, kita bersyukur oleh karena anugerah kasih Kristus yang telah mengalahkan kuasa dosa secara mutlak. Kasih-Nya yang sungguh besar memberikan jaminan kemenangan atas dosa. Kasih agape-Nya yang sungguh luar biasa tak terbatas membuat dosa tidak pernah sanggup menjauhkan manusia dari Tuhan.

Jika saat ini Anda sedang mengalami keterpurukan atau kegagalan karena sebuah kesalahan yang Anda lakukan, ataupun saat ini Anda baru saja menyadari bahwa ternyata selama ini Anda telah berbuat salah, janganlah lantas menghukum diri dengan berlarut-larut dalam penyesalan tiada akhir. Justru di saat seperti itulah, Anda berkesempatan untuk memperoleh dan merasakan kasih anugerah Tuhan yang sungguh melimpah. Belajarlah dari Daud. Ia berseru kepada Tuhan, ia merendahkan hati serta dirinya di hadapan Tuhan, ia mengakui dan bertobat dari dosanya serta memohon belas kasih Tuhan. Percayalah, Tuhan pasti mengampuni Anda karena kasih-Nya yang melimpah. Percayalah, semua pengharapan Anda akan selalu tetap ada, sebab Kristus telah mengalahkan kuasa dosa. Dia sungguh mampu mengubahkan kesalahan Anda menjadi keajaiban yang melebihi bayangan Anda.

RENUNGAN
JUSTRU dalam kesalahan dan kegagalan yang besar, kita bisa menyadari BESARNYA ANUGERAH serta KASIH ALLAH kepada kita.

APLIKASI
1. Kesalahan atau kegagalan besar apa yang hari-hari ini tengah Anda alami?
2. Mengapa kesalahan dan kegagalan besar itu bisa membawa Anda mendekat pada Tuhan?
3. Bagaimana Anda dapat membiarkan Allah bekerja atas kesalahan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kasih dan anugerah-Mu sungguh melimpah atas hidup kami. Kami percaya, tak ada yang tak dapat Engkau lakukan. Kami letakkan segala kesalahan dan kegagalan kami di bawah kaki-Mu. Kami serahkan hidup kami untuk Engkau pakai. Ubahkan seluruh hidup kami untuk menyatakan kemuliaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”