Anugerah-Nya Lebih Besar Dari Kesalahan Kita

Renungan Keluarga Allah
Senin, 07 November 2016

BACAAN HARI INI

Mazmur 86:1-13

RHEMA HARI INI

Mazmur 86:13 sebab kasih setia-Mu besar atas aku, dan Engkau telah melepaskan nyawaku dari dunia orang mati yang paling bawah.

Todd White dilahirkan dalam keluarga atheis dan menjadi pecandu narkoba selama 22 tahun. Berkali-kali ia mencuri, menipu, dan bahkan dikejar-kejar polisi. Keluarga Todd kemudian meninggalkannya sehingga ia memutuskan untuk bunuh diri. Sebelum melakukan niatnya tersebut, ia melewati sebuah buku telepon yang terbuka, yang menunjuk pada satu alamat gereja. Lalu ia mendatangi gereja tersebut dan bertemu seorang pendeta yang menceritakan tentang Yesus Kristus. Pendeta itu juga menyarankannya untuk menyerahkan hidup kepada Yesus. Tanpa pikir panjang, Todd mengiyakan, karena ia berpikir siapakah yang menginginkan hidup yang sangat berantakan seperti hidupnya? Ia mulai datang ke gereja dan berusaha keras untuk berhenti memakai narkoba tetapi belum sanggup. Lima setengah bulan kemudian, ia menipu seorang pengedar narkoba. Tak dinyana pengedar narkoba tersebut membawa senapan dan menembakkan pelurunya dalam jarak tiga meter. Di saat bersamaan Todd mendengar suara, “Aku mengambil peluru itu untukmu. Apakah engkau siap hidup untuk Aku?” Ia tidak terluka sedikit pun, dan mobilnya juga tidak rusak. Sejak kejadian tersebut, ia tidak lagi mengalami kecanduan. Kemudian, saat mengikuti suatu retreat, Todd bertemu Yesus dalam sebuah penglihatan. Sekarang ini Todd White adalah seorang pengajar dan gembala di Lifestyle Christianity Ministry. Keluarganya pun dipulihkan Tuhan.

Kisah hidup Todd memperlihatkan betapa besar kasih setia Tuhan kepada manusia. Tuhan tidak menginginkan kematian manusia. Tuhan bahkan melakukan penyelamatan-Nya yang ajaib untuk seorang manusia yang dianggap tidak berguna di mata dunia. Tuhan mampu memulihkan hidup seseorang, seberat apa pun keadaan dan kondisinya.

Berapa banyak dari kita yang merasa bahwa dosa dan kesalahannya sangat besar sehingga terus-menerus hidup dalam penghakiman diri dan merasa tidak layak diselamatkan? Ketahuilah bahwa kasih Kristus jauh lebih besar dari semua kesalahan kita. Yang Tuhan inginkan adalah pertobatan kita saat kita jatuh dalam pelanggaran. Sefatal apapun kesalahan kita, anugerah-Nya jauh lebih besar dari kesalahan kita. Ingatlah, kasih setia-Nya tiada berkesudahan dan rahmat-Nya selalu baru setiap pagi.

RENUNGAN

SEFATAL APA PUN kesalahan kita, ANUGERAHNYA LEBIH BESAR daripada kesalahan yang kita lakukan.

APLIKASI

  1. Kesalahan fatal apakah yang pernah Saudara lakukan?
  2. Bagaimana cara Tuhan melakukan penyelamatan atas diri Saudara saat Saudara merasa tidak mampu lagi keluar dari kesalahan Saudara?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih atas karya penyelamatan-MU yang besar dan ajaib di dalam hidup kami. Tidak ada yang seperti Engkau, ya Tuhan. Mampukan kami untuk melihat betapa tinggi dan lebarnya rencana-MU dalam hidup kami. Kami mau menerima anugerah-MU. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Hakim-hakim 10-12

call-center-1920-x-1080