Anugerah Tuhan Mengubah Kesalahan Menjadi Keajaiban

BACAAN HARI INI
Mazmur 31:1-25

RHEMA HARI INI
Mazmur 31:22 Terpujilah TUHAN, sebab kasih setia-Nya ditunjukkan-Nya kepadaku dengan ajaib pada waktu kesesakan!

Bagaimana mungkin ada sesuatu yang baik dari suatu kegagalan atau kesalahan? Ini adalah pendapat umum yang dianggap sebagai suatu kebenaran. Bagaimana mungkin dari suatu kejadian buruk akan timbul berkat bahkan keajaiban? Namun inilah yang terjadi pada hidup Paulus yang awalnya bernama Saulus. Ia adalah seorang jawara dalam hal taurat. Paulus adalah seorang farisi yang sangat taat. Ia siap mati dibunuh atau membunuh demi taurat. Paulus adalah musuh gereja yang paling ditakuti saat itu (Galatia 1:13-14). Tak terhitung banyaknya pengikut Kristus yang dianiaya dan dibunuh karena kebenciannya pada Kristus.

Dalam perjalanannya menuju Damsyik, Tuhan Yesus menemuinya secara pribadi. Suatu perjumpaan yang mebuat hidupnya goncang sampai ke fondasinya. Dalam suatu kilatan cahaya yang terang benderang, Paulus melihat semua kebanggaan dan keangkuhan dirinya dilucuti dan mendapati dirinya hanya sebagai penganiaya Mesias beserta umat-Nya. Di hadapan Kristus yang hidup, Paulus menyerah. Dari seorang yang sangat membenci Kristus, menjadi seorang yang sangat berapi-api memberitakan injil dan membawa banyak sekali jiwa kepada Kristus. Dari seorang musuh besar menjadi alat pilihan Tuhan. Paulus adalah salah satu rasul Kristus yang paling berani dan hebat.

Apapun yang sedang kita jalani saat ini, mungkin kita sedang berjalan dalam kesalahan dan tidak tahu bagaimana cara untuk keluar dari kesalahan ini. Hidup kita rasanya sudah terlalu kacau balau, sudah terlalu kotor, tidak mungkin Tuhan mau mendengar doa-doa kita. Jangan keliru, Tuhan kita adalah setia. Walau tak ada seorang pun yang luput dari kesalahan, tapi bagi siapapun yang mau menyadari kesalahannya, lalu bertobat sungguh-sungguh dan bertekad tidak akan mengulangi, anugerah-Nya yang melimpah akan mengubahkan kesalahan kita menjadi keajaiban. Apa yang nampaknya begitu buruk, akan Tuhan ubahkan menjadi sesuatu yang menjadi berkat bagi kerajaan Allah dan sesama. Mari buka hati dan terima anugerah-Nya yang melimpah mengubahkan hidup kita dengan ajaib. (PF)

RENUNGAN
Tidak ada seorang pun yang luput dari kesalahan, tetapi ANUGERAH TUHAN MENGUBAHKAN kesalahan menjadi KEAJAIBAN.

APLIKASI
1.    Bagaimana pendapat Anda tentang anugerah Tuhan yang mengubahkan kesalahan menjadi keajaiban?
2.    Apakah Anda mempunyai pengalaman tentang hal ini?
3.    Bagaimana anugerah Tuhan yang melimpah telah mengubahkan hidup Anda? Sharingkanlah pada saudara-saudara seiman dan orang-orang terdekat Anda.
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami sungguh mengucap syukur atas anugerah-Mu yang melimpah atas hidup kami. Walaupun kami telah berbuat kesalahan, namun sekali-kali Engkau tidak meninggalkan kami. Kasih setia-Mu telah mengubahkan hati dan hidup kami. Terima kasih Tuhan, jadikanlah kami alat yang berguna bagi kemuliaan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.