Anugerah Tuhan Yang Memampukan

BACAAN HARI INI
Ibrani 13:1-25

RHEMA HARI INI
Ibrani 13:20-21 Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita, kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya, dan mengerjakan di dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya, oleh Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

Salah satu alasan mengapa kita seringkali menolak atau ragu-ragu untuk menerima panggilan Tuhan adalah merasa tidak mampu. Merasa kita tidak akan bisa melakukannya, bukan bidang keahlian kita atau kita merasa apa yang Tuhan ingin kita lakukan adalah sesuatu yang sangat sulit. Mungkin sebenarnya hati kita tergerak untuk mengambil pelayanan, tapi kita tidak percaya diri. Apa aku bisa? Aku belum pernah melakukannya. Aku tidak punya teman atau kenalan di pelayanan. Bagaimana nanti kalau aku malah jadi batu sandungan? Dan masih banyak sebab lain yang pada intinya kita merasa tidak mampu.

Satu yang perlu kita ketahui, Tuhan tidak pernah meminta kita melakukan sesuatu tanpa memberikan kasih karunia yang memampukan kita. Seorang duta besar yang ditugaskan ke suatu negara, bagaimanapun sulitnya keadaan di negara itu, tapi duta besar yang menerima tugas itu, otomatis akan menerima berbagai fasilitas yang mendukung pekerjaannya. Kekebalan hukum, jaminan keselamatan untuk jiwanya dan anak istrinya maupun harta bendanya, dibebaskan dari pajak dan memiliki kuasa penuh di daerah kedutaan, adalah beberapa hak istimewa yang diberikan agar sang duta besar mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Ketika kita memberikan diri untuk dipakai Tuhan, ini seperti kita menjadi duta besar kerajaan sorga. Kasih karunia dan anugerah Tuhan sudah disediakan dan akan mendukung kita sepenuhnya untuk memampukan kita menyelesaikan tugas panggilan dan pelayanan kita. Tuhan akan memperlengkapi kita dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya. Kasih karunia-Nya akan bekerja di dalam kita sehingga kita makin bertumbuh dalam anugerah dan menjadikan kita berkenan di hadapan Allah (Ibrani 13:20-21). Jadi sekarang tidak ada alasan lagi bagi kita untuk menolak apa yang Tuhan minta kita kerjakan. Percayalah, anugerah Tuhan lebih dari cukup untuk membuat kita mampu mengampuni, mampu melayani, mampu menabur dan semua yang bagi kita tidak mungkin. Sebab bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.

RENUNGAN
Tuhan TIDAK PERNAH MEMINTA kita melakukan sesuatu tanpa memberikan KASIH KARUNIA yang MEMAMPUKAN kita.

APLIKASI
1.    Adakah panggilan atau kehendak Tuhan atas hidup Anda yang belum Anda kerjakan? Hal apakah itu?
2.    Apa yang membuat Anda merasa tidak mampu?
3.    Jika Anda sudah menyadari bahwa menolak panggilan Tuhan membuat Anda tidak bisa bertumbuh dalam anugerah-Nya, keputusan apa yang akan Anda ambil?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan terima kasih atas janji-Mu yang selalu menguatkan kami. Kami berdoa agar kasih karunia-Mu dicurahkan melimpah dalam setiap musim hidup kami. Kami percaya saat kami taat, anugerah-Mu yang akan memampukan kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin