Anugerah Tuhan Yang Menyelamatkan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Raja-Raja 12-13
Lukas 22:1-30

BACAAN HARI INI
Roma 3:1-27

RHEMA HARI INI
Roma 3:10 seperti ada tertulis: “Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.

“Kak Kei, Kakak benar-benar seperti malaikat yang lahir di bumi,” kata salah seorang anak komsel Keila yang sedang curhat, “Cuma Kakak yang sabar dan mau pahamin aku.” Bukan sekali dua, Keila mendengar hal tersebut. Di dalam maupun di luar gereja, ia dikenal sebagai seorang yang penuh kasih. Saat mendengar komentar anak selnya itu, Keila tersenyum dan berkata, “Tidak ada orang yang terlahir sebagai malaikat di dunia ini.” Sambil mengingat masa lalunya, ia pun mulai bercerita kepada anak-anak selnya.

Sedari kecil Keila memang memiliki rasa keadilan yang tinggi. Ia selalu mendahulukan orang lain dibandingkan dirinya. Namun, ketika ia sudah dewasa, sahabat terdekatnya mengkhianatinya. Ia pun tenggelam dalam kepahitan dan meninggalkan Tuhan. Sejak itu ia berusaha menjalani hidup menurut penilaiannya sendiri. Ia pikir ia sudah melakukan semua dengan baik dan benar, tetapi ia malah hampir terjerumus dalam pergaulan bebas serta obat-obatan terlarang. Di titik terendah hidupnya itulah, Tuhan mengulurkan tangan-Nya dan meraih Keila kembali. Tiba-tiba saja orang yang hendak menjerumuskannya dijauhkan Tuhan darinya. “Aku yang hari ini ada karena Tuhan sudah menghapuskan ‘hutang-hutang’-ku yang tidak mungkin sanggup kubayar.”

Seorang penulis kenamaan di abad ke-19, Oscar Wilde, berkata, “Setiap orang suci punya masa lalu dan setiap pendosa punya masa depan.” Tidak ada orang yang ditentukan lahir sebagai orang yang hidupnya selalu benar ataupun penuh kesalahan. Orang yang terlihat sangat baik sekalipun, bisa jadi memiliki masa lalu yang sangat kelam. Namun, tidak ada kesalahan yang terlalu besar yang tidak bisa Tuhan atasi. Dalam masa lalu, masa kini, maupun masa depan kita, Tuhan selalu menyediakan anugerah-Nya yang melimpah. Dia bahkan sanggup menggunakan kesalahan masa lalu kita untuk mengarahkan orang-orang kembali ke jalan-Nya yang benar. Ya, Tuhan selalu ingin membawa kita dari kesalahan pada keajaiban. (MV.L)

RENUNGAN
Setiap manusia pasti pernah melakukan KESALAHAN, tetapi ANUGERAH TUHAN sanggup MENYELAMATKAN kita dari kesalahan.

APLIKASI
1. Kesalahan apakah yang masih menghalangi Anda untuk mendekat pada Tuhan?
2. Mengapa Tuhan ingin memberikan anugerah-Nya kepada Anda?
3. Bagaimana Anda dapat membiarkan hidup dalam anugerah Tuhan yang melimpah?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, Engkau sungguh Allah yang penuh kasih. Tanpa-Mu kami bukan siapa-siapa dan tidak bisa menjadi apa-apa. Tuhan, kami ingin melangkah dalam anugerah-Mu yang menyertai kami dalam setiap perbuatan kami. Pakailah hidup kami untuk menyatakan kemuliaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”