ARAHKAN PADANGAN KEPADA TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Zefanya
Wahyu 16

RHEMA HARI INI
Kolose 3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Ada sebuah kisah populer sepanjang masa tentang seorang anak yang dibesarkan oleh kawanan kera. Saat usianya masih sangat kecil, Tarzan kehilangan orangtuanya akibat kecelakaan helikopter. Tarzan yang terdampar di tengah hutan kemudian ditemukan oleh seekor induk gorila yang kehilangan anaknya dan pada akhirnya dirawat oleh gorila itu. Ia pun tumbuh besar bersama gorila, sehingga yang ia lihat sampai ia besar adalah kehidupan dunia alam liar, bukan dunia manusia sebagaimana mestinya. Sehingga pemahamannya akan dunia dan kehidupan hanyalah seputar binatang-binatang liar dan hutan itu sendiri sebagai habitatnya. Sampai suatu hari, ada ilmuwan yang datang ke hutan itu untuk melakukan penelitian. Ilmuwan tersebut tidak sengaja bertemu dengan Tarzan dan singkat cerita Tarzan akhirnya dibawa ke peradabannya yang sebenarnya.

Ya, saat seorang bayi lahir hingga mencapai usia tertentu, dunia yang ia tahu adalah dunia di dalam rumahnya. Namun, saat ia mulai bertumbuh besar dan menjadi dewasa, pengenalannya akan dunia perlahan menjadi lebih luas. Pandangannya akan kehidupan juga sudah pasti tidak lagi seputar orangtuanya saja seperti saat ia masih bayi. Demikian pula seharusnya dalam kehidupan rohani kita.

Sama seperti kisah Tarzan di atas. Ia tidak bisa mengarahkan pandangannya keluar dari hutan karena hutan itulah batas dunianya. Tanpa kita sadari, kita pun bisa berpikir bahwa kita sudah menjalani kehidupan kita dengan maksimal. Kita lupa bahwa kita diciptakan tidak hanya untuk hidup di bumi saja, tetapi untuk rencana yang jauh lebih besar daripada itu semua. Maka dari itu, melalui firman rhema hari ini, Tuhan ingin kita menyadari bahwa yang Dia mau adalah agar kita mengarahkan pandangan kita ke atas, jauh melampaui apa yang dapat kita pikirkan. Saat kita belajar mencoba untuk melayangkan pandangan kita ke atas, maka pemahaman kita akan kehidupan pun juga akan berubah dan kita menjadi lebih siap untuk menerima hal-hal besar yang Tuhan sudah persiapkan untuk menjadi milik kita.

RENUNGAN
Tuhan ingin kita mengarahkan PANDANGAN ke ATAS.

APLIKASI
1. Menurut Anda, apakah yang dimaksud dengan mengarahkan pandangan ke atas?
2. Sudahkah Anda mengarahkan pandangan Anda ke atas?
3. Mengapa Tuhan ingin agar Anda mengarahkan pandangan ke atas? Coba jelaskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Ya Bapa, kami sadar bahwa selama ini kami terlalu fokus mengarahkan pandangan kami ke hal-hal di sekeliling kami. Kami tahu bahwa dunia yang kami pahami dan lihat selama ini sangatlah terbatas, maka dari itu kami mau belajar untuk mengarahkan pandangan kami ke atas. Supaya kami pun bisa melihat dunia sebagaimana Engkau menginginkan kami untuk melihatnya. Karena kami percaya bahwa rancangan-Mu dalam hidup kami jauh lebih besar dari apa yang dapat kami bayangkan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”