Arti Momen Natal Yang Sesungguhnya

BACAAN HARI INI
Lukas 19:1-10

RHEMA HARI INI
Lukas 19:10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.”

Saat libur Natal tiba, kita pasti mempunyai kerinduan untuk menyenangkan orang yang kita kasihi. Kita bahkan rela mengeluarkan dana lebih dan meluangkan waktu berhari-hari untuk menemani liburan mereka. Tetapi sudahkah kita sungguh-sungguh menyadari dan memikirkan kerinduan hati Tuhan dan berinisiatif untuk menyenangkan-Nya dengan memberi kado Natal terindah bagi Dia?

Natal bukan hanya sekedar momen perayaan, tetapi juga merupakan momen yang mengingatkan kita pada kerinduan hati Tuhan atas keselamatan jiwa-jiwa. Kasih Allah itu tersedia untuk semua orang, kisah orang Majus adalah bukti bahwa Tuhan tidak pernah memandang suku, ras ataupun warna kulit. Orang Majus bukanlah orang Israel, mereka berasal dari timur yang sangat jauh dan awalnya tidak menyembah pada Tuhan. Ini menandakan bahwa Anak Manusia datang tidak hanya untuk umat pilihan-Nya, tapi Ia juga datang untuk mencari dan menyelamatkan mereka yang terhilang (Lukas 19:10). Para gembala yang menjadi saksi pertama kelahiran Yesus juga adalah bukti bahwa Tuhan mau kasih-Nya bukan hanya untuk raja, pejabat atau orang-orang dengan status sosial tinggi, tapi juga untuk orang-orang biasa dan sederhana.

Saat ini, jika ada diantara kita yang mengaku bahwa kita adalah anak kesayangan Tuhan, sudahkah kita menjadi anak yang menangkap isi hati dan kerinduan Tuhan? Momen Natal belum selesai. 3 hari lagi akan ada ibadah tutup tahun, untuk kita mengakhiri dan memasuki tahun 2020 dengan penuh pengurapan dan ucapan syukur. Gunakan kesempatan ini untuk membawa sebanyak mungkin jiwa datang kepada Tuhan. Kenalkan mereka kepada Sang sumber kasih yang sejati. Inilah salah satu wujud kasih dan hadiah Natal terindah kita bagi Tuhan. Percayalah, jika kita mau menyediakan diri kita untuk dipakai oleh Tuhan sebagai penyelamat jiwa maka anugerah-Nya yang melimpah pasti Ia nyatakan dalam hidup kita.

RENUNGAN
Natal BUKAN HANYA perayaan, tetapi MOMEN PERINGATAN kita kepada KERINDUAN HATI TUHAN atas KESELAMATAN JIWA-JIWA.

APLIKASI
1.    Apa yang Tuhan rindu untuk Anda lakukan dalam momen Natal ini?
2.    Apa rencana Anda dalam kesempatan momen Natal kali ini?
3.    Siapa sajakah yang terpikir untuk Anda undang dalam ibadah tutup tahun? Coba pikirkan langkah nyata yang akan Anda ambil untuk mengundang mereka.
DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terima kasih atas anugerah melimpah yang Engkau curahkan secara luarbiasa bagi kami di momen Natal ini. Ampuni jika fokus kami adalah lebih ingin menyukakan hati manusia lebih daripada mengerjakan kerinduan-Mu. Mulai hari ini kami mau membawa jiwa lebih lagi datang kepada-Mu sebagai momen peringatan kami kepada kerinduan hati-Mu. Kami percaya anugerah melimpah akan Kau curahkan lebih lagi saat kami  fokus kepada kerinduan hati-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.