Arus Ilahi Yang Mendatangkan Jiwa-Jiwa

ReSIKA: Renungan Siang Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Bilangan 11:31-35

RHEMA HARI INI
Bilangan 11:31 Lalu bertiuplah angin yang dari TUHAN asalnya; dibawanyalah burung-burung puyuh dari sebelah laut, dan dihamburkannya ke atas tempat perkemahan dan di sekelilingnya, kira-kira sehari perjalanan jauhnya ke segala penjuru, dan kira-kira dua hasta tingginya dari atas muka bumi.

Dengan hidup yang melimpah dengan harta, Yusuf dan keluarganya benar-benar mendapatkan apapun yang mereka inginkan. Ternyata Tuhan punya rencana yang lain. Saat itu cash flow bisnis Yusuf sedang mengalami masalah sehingga ia terlambat membayar bunga bank. Pihak bank pun mendatangi Yusuf untuk menagih hutang Yusuf pada bank sebesar 4,2 juta dolar yang harus dikembalikan dalam tempo 24 jam. Dari segi materi, Yusuf memang memiliki uang sebesar itu. Tapi harta yang dimilikinya lebih dalam bentuk stock barang dan aset, dan juga pada orang-orang yang berhutang pada dirinya. Terpaksalah saat itu semua aset Yusuf disita oleh bank.

Dalam keterpurukannya, Yusuf tetap terus mengandalkan Tuhan. Ia tidak meninggalkan jam-jam doanya bersama Tuhan. Sampai suatu hari arus ilahi mulai mengalir dalam hidupnya, ia dipertemukan dengan orang-orang yang bisa membuka jalan baginya untuk bangkit kembali dalam bisnisnya. Seiring kebergantungan Yusuf sepenuhnya kepada Tuhan, arus ilahi itu terus mengalir semakin kencang. Bisnisnya berjalan dengan sangat lancar bahkan menjadi booming.

Kita terkadang berada pada situasi dimana kita tidak tahu apa yag harus kita perbuat. Kondisi yang serba tidak ada, serta keterpurukan yang kita alami mungkin membuat kita merasa putus asa. Dalam kondisi tersebut, kita harus tetap ingat kepada Tuhan Yesus. Tuhan Yesus sanggup mendatangkan arus Ilahi yang membawa mujizat ketika kita datang kepadaNya. Seburuk apapun kondisi yang kita alami, percayalah Tuhan akan mendatangkan mujizat yang tidak bisa dijelaskan dengan pikiran manusia. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
Saat semua terasa mustahil, Tuhan akan mendatangkan ARUS ILAHI yang membawa MUJIZAT YANG TIDAK BISA DIJELASKAN dengan pikiran manusia.

APLIKASI
1. Keadaan mustahil seperti apa yang Anda alami saat ini?
2. Percayakah Anda bahwa arus Ilahi dari Tuhan sanggup membuat mujizat dalam hidup Anda?
3. Apakah komitmen yang akan Anda buat supaya arus Ilahi Tuhan mengalir dalam hidup Anda dan mengerjakan mujizat dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, di dalam keterpurukan kami, kami percaya Engkau Allah yang sanggup mengalirkan arus ilahi yang akan mengubahkan keadaan kami. Kami percaya kuasa-MU lebih besar daripada semua keterbatas kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.