Arus Roh Kudus Yang Tak Terbendung

ReSIKA: Renungan Siang Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Filipi 2:1-11

RHEMA HARI INI
Filipi 2:11 dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Bagaimana caranya arus Roh Kudus bekerja mengubah kehidupan seorang yang dulunya belum mengenal Tuhan Yesus hingga akhirnya dipakai Tuhan untuk membawa keluarganya menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat? Inilah yang dialami saudara Gideon, salah satu jemaat Keluarga Allah Solo. Sebelum menjadi orang percaya, ia bekerja sebagai pengemudi ojek online. Sudah beberapa waktu ia mengalami sepi pesanan hingga uang seribu rupiahpun tidak ia miliki. Suatu sore ia mendapat pesanan untuk mengantar seorang anak dari rumahnya menuju ke gereja kita. Ia terpaksa menggratiskan tarif ojeknya yang sebesar sepuluh ribu rupiah karena ia tidak mempunyai uang kembalian untuk diberikan pada anak itu. Tidak lama setelah anak tersebut masuk gereja, ia keluar lagi dan memberi uang lima puluh ribu rupiah kepada Gideon sebagai tanda terima kasih. Ajaibnya, setelah kejadian tersebut, sepanjang sore itu pesanan terus berdatangan ke akun ojeknya sampai ia terheran-heran dan memutuskan untuk datang dan mengikuti segala kegiatan di gereja kita. Singkat cerita, ia menjadi orang percaya dan imannya makin bertumbuh.

Segala pengajaran yang diajarkan di gereja ia ikuti. Puncaknya pada tahun ini Tuhan curahkan berkat atas hidupnya. Ia yang dulunya kekurangan, sekarang oleh anugerah Tuhan hanya dalam waktu setahun sejak ia menjadi orang percaya, ia sudah memiliki usaha sendiri dan mempunyai sepuluh karyawan! Ajaibnya orang tuanya yang dulu mengusir dia karena menjadi orang Kristen, sekarang Roh Kudus jamah dan mengikuti anaknya datang gereja dan mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat!

Hari ini, marilah kita responi arus Roh Kudus yang sedang mengalir dengan sangat amat kuat di tengah-tengah kita. Tidak akan ada yang bisa membendung arus Roh Kudus di gereja kita kali ini. Dan kita akan lihat bahwa akan banyak jiwa-jiwa dari berbagai latar belakang, dari utara, selatan, barat, dan timur akan dibawa oleh angin Roh Kudus yang berhembus dan dalam sekejap akan berbondong-bondong datang memenuhi perkemahan Keluarga Allah! Akan memenuhi semua kapal kelompok sel yang ada di gereja kita! Bukan cuma jiwa-jiwa yang secara manusia masih memungkinkan untuk dijangkau, tapi bahkan jiwa-jiwa yang secara manusia paling mustahilpun, paling licin seperti ikan, paling liar seperti burung, yang awalnya selalu menolak, selalu berontak, selalu menentang, pada akhirnya akan datang dan mau tidak mau akan mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan.

RENUNGAN
Saat Tuhan BEKERJA, tak ada yang bisa membendung ARUS ROH KUDUS; semua lidah akan MENGAKU bahwa Yesus Kristus adalah TUHAN.

APLIKASI
1. Adakah keluarga atau relasi Anda yang Tuhan taruh di hati Anda untuk diperjuangkan agar diselamatkan?
2. Sudahkah Anda menyediakan waktu untuk mendoakan orang tersebut?
3. Sudahkah Anda melakukan petunjuk Roh Kudus untuk melangkah memberitakan Injil atas orang tersebut?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan urapi kami dengan api Roh Kudus mu sehingga kami beroleh hikmat untuk dapat mengabarkan injil dan membawa jiwa-jiwa yang sudah Engkau taruh dalam hati kami untuk menerima keselematan. Kami percaya oleh arus Roh Kudus-MU yang kuat maka setiap lutut akan bertelut dan semua lidah akan mengaku bahwa Engkau adalah Tuhan dan Juruselamat dunia. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.