Atas Atau Bawah?

BACAAN HARI INI
Mazmur 37:1-40

RHEMA HARI INI
Mazmur 37:23-24 23 TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; 24 apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.

Simson dan Yusuf, dua orang yang sama-sama menerima anugerah dari Tuhan di awal hidupnya, namun memiliki akhir hidup yang sangat berbeda. Simson yang memiliki kekuatan luar biasa jatuh karena godaan seorang wanita dan mati sebagai tawanan. Yusuf, anak kesayangan ayahnya kemudian dijual oleh saudara-saudaranya menjadi budak di Mesir. Namun, ia berakhir sebagai seorang Perdana Menteri Mesir serta dipakai Tuhan untuk menyelamatkan hidup bangsanya, bangsa Israel.

Saul dan Daud, dua orang raja Israel ini memiliki akhir hidup yang sangat berbeda. Saul, sang raja Israel yang begitu dikagumi banyak orang membiarkan hatinya dikuasai oleh kesombongan dan iri dengki. Ia berakhir dengan mati di medan perang. Daud, sang raja Israel yang jatuh dalam dosa kesombongan dan perzinahan namun mengalami pemulihan hidup sehingga diberkati sampai akhir hidupnya.

Yudas dan Petrus, dua orang murid Yesus ini memiliki akhir hidup yang sangat berbeda. Keduanya sama-sama mengkhianati Yesus, namun Yudas mengakhiri hidupnya dengan tidak mengampuni dirinya sendiri sehingga ia memutuskan mengakhiri hidupnya. Berkebalikan dengan Petrus, ia menerima pengampunan dari Tuhan dan berakhir menjadi seorang penjala jiwa yang menggoncang dunia.

Anda dan saya memulai sebagai pengikut Kristus. Namun, tidak peduli apa jabatan kita, berapa penghasilan kita, bahkan status sosial kita, semua orang pasti pernah mengalami kejatuhan dalam hidupnya. Dalam menghadapi kejatuhan itu, kita dihadapkan kepada dua pilihan, jatuh ke bawah atau terus naik ke atas. Apa maksudnya? Saat kita mengalami kejatuhan, karakter yang kita miliki mempunyai peranan penting yang menentukan apakah kita dapat bangkit dari kegagalan atau tidak. Apakah kita mau bertobat? Apakah kita mau berubah? Apakah kita mau bangkit? Semuanya ditentukan oleh karakter yang kita miliki. Nah, bagaimana akhir hidup Anda tergantung dari karakter-karakter baik yang terus Anda latih dan keputusan-keputusan yang Anda ambil. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Bertumbuh dalam karakter akan MENENTUKAN apakah kita jatuh ke bawah atau terus naik keatas.

APLIKASI
Apakah Anda pernah mengalami kegagalan? Apa yang Anda lakukan saat Anda gagal?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, ajar kami untuk terus bertumbuh dalam karakter. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Hakim-Hakim 11-12
Kisah Para Rasul 27:1-26