Bahagia Karena Bersyukur

BACAAN HARI INI

Filipi 4:1-9

RHEMA HARI INI

Filipi 4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. 7 Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Dalam bukunya yang berjudul Laugh Again (Tertawa Lagi), Charles Swindoll menuliskan tiga hal yang sering menjadi “pencuri sukacita,” yakni kekhawatiran, tekanan batin, dan ketakutan. Ia mendefinisikan kekhawatiran sebagai “kegelisahan yang berlebihan akan suatu hal yang mungkin terjadi atau mungkin tidak terjadi” – dan biasanya tidak terjadi. Tekanan batin diartikan sebagai “ketegangan yang berlebihan terhadap situasi yang tidak dapat kita ubah atau kontrol” – padahal Allah mampu. Dan ketakutan, menurut Swindoll, adalah “kecemasan yang sangat terhadap bahaya, kejahatan, atau penderitaan” – dan hal itu hanya akan memperbesar masalah kita. Swindoll mengatakan bahwa untuk membentengi diri dari pencuri sukacita, kita harus memiliki keyakinan yang sama seperti yang dikatakan Paulus dalam suratnya kepada jemaat Filipi. Setelah mengucap syukur atas jemaat Filipi (1:3-5), ia menyakinkan mereka bahwa “Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya” (ayat 6).

Apa pun yang membuat Anda kuatir, tertekan, dan ketakutan, tidak dapat menghalangi Allah untuk terus bekerja dalam hidup Anda. Kita dapat hidup dengan keyakinan bahwa Dia mengatur segalanya. Kita dapat memasrahkan segalanya kepada-Nya. Bagian kita adalah bersyukur atas segala sesuatu yang Tuhan ijinkan serta berikan dalam hidup kita. Ucapan syukur itulah yang akan menjadi sumber kedamaian serta kebahagiaan dalam hidup kita.

Ingat, kita tidak mungkin bahagia sebelum kita memiliki hati yang bisa bersyukur. Itu sebabnya rhema Firman Tuhan yang kita baca hari ini menegaskan supaya kita tidak kuatir akan apapun juga tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Maka damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

RENUNGAN

Kita tidak mungkin BAHAGIA sebelum kita memiliki hati yang bisa BERSYUKUR.

APLIKASI

Daftarkan sebanyak mungkin hal-hal apa saja yang bisa Anda syukuri hari ini?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa yang baik, ajar kami untuk selalu bersyukur dalam segala keadaan, karena itulah yang akan mendatangkan sukacita dan kebahagiaan dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN

I Samuel 4-8