Bahagia Saat Memberi

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 04 September 2016

BACAAN HARI INI

Kisah 20:17-38

RHEMA HARI INI

Kisah 20:35c …sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.”

Ellen memiliki komitmen bahwa pada hari ulang tahunnya yang ke-25, dia akan merayakan ulang tahunnya dengan membagikan paket kebutuhan sekolah dan makan siang bersama anak-anak panti asuhan yang berada dekat dengan lokasi rumahnya. Ellen menabung dengan rajin semenjak bulan pertama bekerja untuk dapat mengumpulkan dana yang cukup untuk dapat membeli barang-barang keperluan sekolah yang dibutuhkan. Persiapan pun dilakukan secara bertahap untuk memastikan semua acara dapat dilakukan dan keperluan telah disiapkan dengan baik. Pada hari ulang tahunnya, Ellen merasa sangat bahagia pada waktu melihat antusiasme anak-anak panti asuhan melihat paket kebutuhan sekolah yang mereka dapatkan dan betapa bahagianya mereka dengan makan siang sederhana yang Ellen siapkan bersama keluarganya. Sesi kebaktian yang singkat, doa bersama serta makan siang sederhana yang disertai dengan tawa bahagia bersama keluarganya dan anak-anak panti asuhan pada hari itu merupakan kado ulang tahun yang terbaik untuk Ellen di usianya yang ke-25.

Alkitab pada Kisah Para Rasul juga berkata bahwa lebih berbahagia memberi daripada menerima. Hal ini berbicara tentang level kedewasaan rohani kita dimana pada waktu kita masih anak-anak, kita lebih bahagia ketika mendapatkan hadiah. Akan tetapi ketika kita bertumbuh dewasa, maka kebahagiaan kita adalah ketika melihat orang lain bersukacita membuka hadiah yang kita berikan. Ketika kita bertumbuh semakin dewasa, maka ada dimensi kebahagiaan yang lebih dalam, lebih bermakna, dan lebih indah yang bertumbuh dalam hati kita. Tentunya kita masih sangat bahagia ketika menerima sesuatu. Akan tetapi sekarang kita bisa menikmati kebahagiaan yang luarbiasa ketika memberi dan menjadi berkat bagi orang lain. Itu sebabnya Alkitab berkata bahwa lebih berbahagia memberi daripada menerima.

RENUNGAN

Milikilah HATI YANG MEMBERI, sebab hati yang memberi membuat kita BAHAGIA.

APLIKASI

  1. Koreksi Apakah kita hanya baru bisa bahagia ketika menerima? Atau kita sudah bisa bahagia ketika memberi?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Allah Bapa kami dalam kerajaan Surga, terima kasih Tuhan atas berkat-Mu. Ajarkan kami untuk dapat terus bertumbuh dalam firman-Mu ya Tuhan dan biarlah kami juga dapat mencerminkan buah roh kemurahan hati dalam hidup kami. Biarlah hidup kami dapat menjadi berkat bagi orang lain, hati kami berbahagia ketika memberi, dan hati Tuhan disukakan selalu. Dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Keluaran 1-3