Bahan Sharing Kelompok Sel, 28 Agustus 2016

RENUNGAN HARIAN

  • Matius 6:19-24 Motivasi memberi
  • Yohanes 3:1-21 Memberi pasti mengasihi
  • 1 Tawarikh 29:1-9 Hati yang rela berkorban
  • Yohanes 12:1-8 Jatuh cinta dengan Yesus
  • Lukas 7:36-50 Manfaat hati yang memberi
  • Lukas 6:27-36 Semakin serupa dengan Yesus
  • Kisah 20:17-38 Bahagia saat memberi

S1 = SEMBAH PUJI & DOA SYAFAAT

Sembah Puji (20 Menit)

2 Lagu Pengagungan; 2 Lagu sesuai tema Firman Tuhan (silakan pilih 2 lagu berikut):

  1. Datanglah ke bait-Nya
  2. Sgala puji syukur hanya bagiMu Tuhan
  3. Tuhan inilah hidupku
  4. Ku b’rikan hatiku

Doa Syafaat (10 Menit)

Pemimpin doa mengajak, menggerakkan & memimpin serta memberi aba-aba kepada anggota kelompok sel untuk berdoa syafaat bersama-sama.

  1. Supaya setiap jemaat terus mau belajar untuk memiliki hati yang mau memberi dengan kasih, sama seperti Bapa yang telah memberikan Anak-Nya yang tunggal untuk menyelematkan setiap manusia dari maut menuju kepada hidup yang kekal.
  2. Tuhan menjaga dan melindungi Negara Indonesia dan menuntun para pemimpin bangsa yang sudah dipilih supaya setiap pemimpin memiliki hati yang penuh dengan kasih Tuhan.
  3. Keluarga Allah Global: visi pembukaan gereja-gereja baru dimana-mana sehingga visi satu juta jiwa diselamatkan tergenapi.
  4. Gembala Sidang Pdt. Obaja Tanto Setiawan dan keluarga.
  5. Hamba-hamba Tuhan yang melayani dalam gereja Keluarga Allah
  6. Pergumulan jemaat dan nama-nama yang ditulis di Kartu Penuai.

S2 = SUASANA / ICE BREAKER (10 Menit)

Setelah melakukan ice breaker, jangan lupa menjelaskan pelajaran yang bisa dipetik dari ice breaker yang sudah dilakukan.
Judul: MEMBERIKAN SEMANGAT YANG TERBAIK
Petunjuk: KKS meminta anggota berkumpul dalam bentuk lingkaran. Lalu, minta mereka berpasangan (wanita dengan wanita, pria dengan pria). Berikan instruksi sbb: Anggota diminta untuk duduk berhadapan dengan pasangan. Tugas anggota adalah berdiri dari posisi duduk secara serempak bersama pasangannya. Syaratnya, setiap pasangan harus saling berpegangan tangan. Setelah semua pasangan berhasil melakukan tugasnya, minta mereka melakukan hal yang sama bertiga, berempat, dst, sampai semuanya sekaligus.
Pelajaran: Jika setiap anggota memberikan semangat dan tenaga yang terbaik, maka tugas ini akan berhasil.

S3 = SHARING APLIKASI FIRMAN TUHAN (50-60 Menit)

GOL : semua yang hadir melakukan dan mengalami kebenaran Firman Tuhan.

Pertanyaan: Apa tema khotbah dan pelajaran-pelajaran yang disampaikan minggu lalu?

The Power of the Heart #4 – KEKUATAN HATI #4
THE GIVING HEART – HATI YANG MEMBERI

PEMBUKAAN:

Hari ini kita akan mensharingkan aplikasi firman Tuhan yang sudah kita dengar pada hari Minggu, yaitu tentang ‘THE POWER OF THE HEART #4 – KEKUATAN HATI #4’ dengan tema ‘THE GIVING HEART – HATI YANG MEMBERI’

ISI:

I. MOTIVASI MEMBERI: KASIH

a. Matius 6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Ada kaitan yang sangat erat antara HARTA dan HATI.

b. TIDAK MUNGKIN KITA MENGASIHI TANPA MEMBERI.

Bapa memberikan Anak-Nya yang tunggal karena mengasihi kita. Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

DAUD MEMBERI PERSEMBAHAN KARENA MENGASIHI TUHAN.

1 Tawarikh 22:5 Karena pikir Daud: “Salomo, anakku, masih muda dan kurang berpengalaman, dan rumah yang harus didirikannya bagi TUHAN haruslah luar biasa besarnya sehingga menjadi kenamaan dan termasyhur di segala negeri; sebab itu baiklah aku mengadakan persediaan baginya!” Lalu Daud membuat sangat banyak persediaan sebelum ia mati. Baca 1 Tawarikh 21:22-26! Sehingga ia berkorban untuk mempersembahkan yang terbaik. Pak Obaja mempersembahkan rumahnya untuk perluasan gedung gereja.

c. APAKAH ANDA CINTA TUHAN? APAKAH ANDA SEDANG JATUH CINTA KEPADA TUHAN?

Orang yang sedang jatuh cinta pasti memberikan yang terbaik

PERTANYAAN: Setelah mendengar Firman Tuhan tersebut, menurut Anda sudahkah Anda memberikan yang terbaik buat Tuhan, keluarga, gereja, Bangsa dan sesama? Respon apa yang akan Anda ambil setelah mendengar Firman Tuhan diatas? Sharingkan!

II. 5 MANFAAT HATI MEMBERI.

1. Hati memberi menarik kita mendekat pada Tuhan.

2. Hati memberi membuat kita semakin serupa dengan Yesus.

3. Hati memberi mendatangkan kebahagiaan.

Kisah 20:35b Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.” Semakin kita dewasa rohani, semakin kita merasakan sukacita dalam memberi.

4. Hati memberi mendatangkan berkat Tuhan.

Lukas 6:38 Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. Kita tidak mungkin bisa mengalahkan Tuhan dalam hal memberi!!!

5. Hati memberi menghancurkan roh materialisme dan mendatangkan upah besar di Surga.

1 Timotius 6:17-19 17 Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati. 18 Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi 19 dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya.

PERTANYAAN: Bagaimanakah perasaan hati Anda saat Anda memberi dan melihat orang yang Anda beri/berkati itu merasa senang? Lalu, apakah respon atau tindakan Anda selanjutnya setelah merasakan dan melihat hal tersebut? Sharingkan! Bagi Anda, manfaat apa saja yang Anda peroleh saat Anda memiliki hati yang memberi?

PENUTUP:

Bukti kasih dari Bapa kepada kita adalah dengan memberikan Anak-Nya yang tunggal untuk keselamatan setiap kita, sebab TIDAK MUNGKIN MENGASIHI TANPA MEMBERI. Lalu, bagaimana dengan kita, sudahkah kita memberi yang terbaik bagi Tuhan, keluarga, gereja, Bangsa dan sesama kita?!

Pertanyaan: Siapa yang sudah melakukan dan mengalami anugerah setelah melakukan Firman Tuhan ini? Anggota yang sudah melakukan dan mengalami anugerah setelah melakukan Firman tersebut diminta untuk bersaksi satu-persatu. Kalau ternyata tidak ada anggota yang sudah melakukan dan mengalami anugerah setelah melakukan Firman tersebut, maka pemimpin aplikasi Firman dan KKS yang bersaksi (maka, inilah pentingnya pemimpin aplikasi Firman dan KKS sebelumnya sudah sungguh-sungguh melakukan Firman Tuhan yang akan disharingkan).

Lalu pakailah kesaksian-kesaksian itu untuk:

  1. Meneguhkan Firman Tuhan.
  2. Menunjukkan faedahnya melakukan Firman Tuhan.
  3. Menanyakan bagaimana caranya mereka bisa melakukan Firman Tuhan tersebut.
  4. Mendorong semua yang hadir melakukan Firman Tuhan sehingga semua mendapat anugerah.

S4 = SASARAN RENCANA (15 Menit)

Dilakukan oleh KKS tujuannya untuk mengevaluasi dan merencanakan pertemuan kelompok sel yang akan datang.

DOA PENUTUP (5 Menit).

Download Pdf