Balikkan Perkataan Iblis Menjadi Perkataan Iman

BACAAN HARI INI
Yohanes 8:37-47

RHEMA HARI INI
Yohanes 8:44b Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Ketika sekelompok penambang sedang sibuk bekerja di dalam goa, secara tiba-tiba pintu goa runtuh serta aliran listrik padam. Suasana menjadi gelap gulita. Segera terjadi kekacauan karena setiap orang berusaha mencari jalan keluarnya sendiri. Mereka berlarian kesana kemari dan saling bertabrakan. Teriakan ketakutan terdengar di sana-sini. “Celaka, kita akan mati di sini, kita terkubur hidup-hidup!” Suasana begitu menegangkan dan mencekam. Sampai satu orang mulai mengangkat suara dengan keras dan jelas, mengalahkan semua hiruk pikuk yang terjadi. “Tenang teman-teman! Tuhan memegang kita dengan tangan kanan-Nya. Jangan takut! Dia akan menolong kita. Tenanglah, oksigen akan cepat habis bila kita panik.”

Mereka yang menyadari kebenaran kata-kata orang itu pun langsung menenangkan diri. Mereka duduk diam-diam dan sebagian mulai berdoa dengan suara pelan. Dalam ketenangan, mereka merasakan tiupan angin. Mereka mulai mencari-cari asal angin semilir itu, dan mereka menemukan setitik kecil sinar dari luar. Rupanya di sudut pintu goa ada bagian yang tidak sepenuhnya tertutup longsoran. Segera dengan menggunakan peralatan menambang, mereka mulai menggali dengan sangat hati-hati. Akhirnya berhasil dibuat sebuah celah yang bisa dilalui dan selamatlah mereka semua dari bencana.

Ingatlah, iblis akan selalu berusaha menggeser kita dari iman dan pengharapan injil. Ia akan memanfaatkan setiap situasi untuk menyerang kelemahan kita. Miliki iman yang grounded and settled, iman yang teguh dan tidak bergoncang (Kolose 1:23). Jangan mau digeser dari posisi iman kita. Jika iblis bicara negatif dalam pikiran kita dan membuat kita mulai ragu, segera balikkan dengan perkataan iman. Iblis adalah bapa segala dusta, tak ada satupun kebenaran dalam dirinya. Semua yang iblis sampaikan adalah dusta, artinya justru tepat kebalikkannya lah yang akan kita alami. Bertekunlah dalam firman sampai kita mengalami ledakan iman. Saat itulah iman kita akan menjadi perisai yang akan menjaga hidup kita selamanya. Perisai iman yang akan memadamkan setiap panah api dari si jahat.

RENUNGAN
APA PUN perkataan iblis yang membuat kita MULAI RAGU, segera BALIKKAN perkataan dusta itu menjadi PERKATAAN IMAN.

APLIKASI
1. Bagaimana Anda meresponi suara negatif dalam pikiran Anda? Tahukah Anda bahwa itu adalah kata-kata dusta dari si iblis?
2. Mengapa kita perlu bertekun dalam firman? Sudahkah Anda menggunakan perkataan iman dari kebenaran firman sebagai senjata Anda?
3. Apa komitmen Anda untuk makin sungguh-sungguh menggali firman?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terima kasih atas pengajaran-Mu dalam menghadapi dusta iblis. Kami tidak mau lagi tertipu oleh perkataan-perkataan negatifnya. Kami akan berpegang teguh pada Firman-Mu. Bawa iman kami makin bertumbuh dan kami akan mengalahkan semua musuh iman kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.