Bangkit Dan Bekerjalah!

BACAAN HARI INI
Mazmur 1:1-6

RHEMA HARI INI
Mazmur 1:3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Ada seorang petani yang ingin sekali sukses dalam bidang pertanian, untuk itu ia rajin belajar dari berbagai sumber. Selain bertanya dan menimba pengetahuan dari para petani yang sudah berhasil, ia juga belajar dari buku-buku dan internet. Ia senang sekali karena jadi memiliki pengetahuan yang sangat luas tentang dunia pertanian. Saking asyiknya mencari pengetahuan, ketika petani-petani yang lain mulai menabur pada musimnya, ia malah belum memulai apa-apa.

Petani itu sibuk mempertimbangkan cuaca, kondisi curah hujan, kualitas benih, hama apa saja yang berpotensi menyerang dan lain sebagainya. Sebab menurut ilmu yang ia dapatkan, saat ini semua sedang tidak mendukung untuk mulai bekerja di ladang. Maka ia hanya duduk dan menunggu saat yang tepat. Pada saat semua petani di daerahnya mulai menuai panenan dan mendapatkan hasil melimpah, dirinya masih saja belum melakukan apapun, dan tentu saja tidak ada hasil yang ia dapatkan.

Berdoa dan mencari petunjuk Tuhan dengan menggali firman adalah sesuatu yang memang wajib kita lakukan sebagai anak-anak Tuhan. Tetapi kedua hal itu, sekalipun ditambah dengan hati yang baik dan mengasihi Tuhan, belumlah cukup untuk “mencairkan” PERJANJIAN BERKAT yang telah Tuhan anugerahkan pada kita. Apapun bentuk perjanjian yang kita lakukan, misalnya jual beli atau sewa menyewa, haruslah kita pahami isinya baik-baik. Apa saja hak dan kewajiban masing-masing pihak. Sebab bila tidak paham, dan melanggar satu saja pasal perjanjian, salah satu pihak berhak membatalkan perjanjian. Perhatikan kalimat apa saja yang DIPERBUATNYA berhasil. Bukan apa yang di doakan, bukan yang diimpikan, bukan pula yang diinginkan. Artinya kita sebagai orang Kristen, harus berbuat sesuatu, harus bangkit dan mulai BEKERJA, supaya bisa berhasil. Sebab dalam perjanjian-Nya, Tuhan hanya mau memberkati orang yang rajin bekerja. Bekerja adalah jalan masuk untuk berkat-berkat sorga mengalir dalam hidup kita.

RENUNGAN
Selain BERDOA dan MENCARI PETUNJUK TUHAN dalam firman, kita juga harus BEKERJA untuk dapat berhasil.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah menerima penggenapan perjanjian berkat Tuhan? Jika belum, adakah bagian yang belum Anda lakukan?
2. Mengapa bekerja adalah salah satu bagian paling penting dalam perjanjian berkat Tuhan?
3. Sudahkah Anda mengerjakan sebaik mungkin, apapun pekerjaan Anda saat ini? Mengapa?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan kami mengucap syukur atas perjanjian berkat-Mu yang ajaib ini. Urapi kami dengan hikmat dan kekuatan dari padaMu agar kami dapat mengerjakan bagian kami sebaik mungkin sehingga perjanjian berkat-Mu benar-benar tergenapi dalam hidup kami. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.