Bangkit Dan Jadilah Terang

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 05 Desember 2016

BACAAN HARI INI

Yesaya 60:1-22

RHEMA HARI INI

Yesaya 60:1 Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.

Kita tidak dapat hidup tanpa terang. Penelitian telah membuktikannya. Ketika kita tinggal dalam kegelapan, kita akan merasa gelisah, lalu mulai emosional dan kehilangan kendali diri. Jika keadaan ini terus dibiarkan, kita dapat menjadi paranoid dan mengalami halusinasi. Bahkan, di titik yang paling ekstrem, kehilangan keinginan untuk hidup. Ketiadaan cahaya dalam rentang waktu yang panjang, dapat menjadi penyebab hilangnya pengharapan.

Sedikit banyak, itulah yang dirasakan bangsa Israel saat mereka kembali dari Babel ke Yerusalem. Mereka belum pulih dari berbagai trauma yang mereka alami dalam masa pembuangan. Semua yang mereka lalui membuat mereka meragukan kasih Allah. Daya lihat mereka terhadap janji Allah pun memudar. Ketika itulah, melalui Nabi Yesaya, Allah memberikan pesan pengharapan yang menerangi hati mereka. Bahwa Tuhan akan mendatangkan Terang yang akan terbit di tengah mereka. Bangsa mereka akan dipulihkan, dan bahkan melalui merekalah, bangsa-bangsa akan datang kepada terang Allah.

Saudara, kesulitan hidup memang kerap membuat sekeliling kita terasa gelap. Kegagalan demi kegagalan yang kita alami seakan menyerpihkan setiap harapan yang tersisa. Meski demikian, Tuhan tidak pernah menghendaki Anda untuk terus diam dalam kegelapan. Saat Tuhan mengangkat Anda menjadi anak-Nya, Dia bukan hanya memberikan terang-Nya untuk tinggal di dalam Anda, tetapi Dia juga memberikan sebuah identitas baru. Dia melabeli Anda sebagai terang dunia. Siapa pun Anda, terlepas dari segala kesalahan dan kegagalan di masa lalu, Anda telah diberikan kapasitas untuk bersinar. Agar Anda dapat menerangi kegelapan dalam hidup banyak orang. Agar mereka memperoleh pengharapan dalam terang Allah yang terpancar melalui Anda. Maka dari itu, bangkitlah dari keterpurukan. Terobosan besar telah Tuhan sediakan. Dia akan kerjakan pemulihan, kemenangan dan menyediakan berkat yang membawakan sukacita sejati bagi hidup Anda. Dia, Tuhan, akan melaksanakannya dengan segera. Tepat pada waktu-Nya yang sempurna. (MV.L)

RENUNGAN

Marilah kita BANGKIT DAN MENJADI TERANG, sebab MUSIM TEROBOSAN bagi kita telah tiba!

APLIKASI

  1. Apakah terobosan yang sedang Anda harapkan untuk terjadi dalam hidup Anda?
  2. Menurut Anda, apakah yang Anda harapkan selama ini dapat dipakai Tuhan untuk menjadi terang bagi sekeliling Anda?
  3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mulai bangkit dari keterpurukan dan kekecewaan Anda selama ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Ya, Tuhan, terima kasih karena Engkau telah mengingatkan kami akan identitas kami di dalam-Mu. Kami mau ya, Tuhan, menjadi seperti pelita yang diletakkan di tempat yang gelap. Biarlah Engkau menempatkan kami di dunia ini sebagai terang yang mengusir kegelapan dalam hidup orang-orang di sekeliling kami. Agar nama-Mu pun dipermuliakan oleh banyak orang. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 102-104