Bangkitkan Otot-Otot Iman

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 15 Desember 2016

BACAAN HARI INI

1 Petrus 1:3-7

RHEMA HARI INI

1 Petrus 1:7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu–yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api–sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Pernahkah saudara mendengar ungkapan bahasa jawa yang berbunyi otot kawat balung wesi? Dalam Bahasa Indonesia, ungkapan ini artinya otot kawat tulang besi. Otot seperti ini tidak didapati begitu saja. Tidak pula dengan makan yang banyak. Ada beberapa latihan sederhana yang bisa dilakukan untuk membentuk otot agar dapat dikatakan sebagai otot kawat balung wesi. Misalnya push-up, sit-up, hand-stand, jongkok-berdiri, dan sebagainya. Latihan-latihan ini dapat dilakukan siapa saja, baik pria, wanita, maupun anak-anak. Jika semua ini dilakukan setiap hari, maka selain terlihat bugar dan sehat, otot-otot kita juga akan semakin kuat. Semua aktivitas yang tadinya terasa berat pun akan menjadi ringan.

Seperti otot pada tubuh fisik kita, otot iman kita pun perlu dilatih. Tidak cukup hanya membaca firman dan bersaat teduh setiap hari. Atau bahkan dengan menekuni pendalaman Alkitab. Memang semua itu akan memberikan pertumbuhan bagi tubuh rohani kita, tetapi hanya akan menjadi teori tanpa adanya praktek. Untuk membuat otot kita berkembang, baik itu otot jasmani maupun rohani, kita membutuhkan praktek nyata. Di sinilah Tuhan menggunakan masalah dan tekanan hidup sebagai medan pelatihan kita. Untuk menguji apakah kita akan sepenuhnya berharap dan berserah kepada-Nya, atau mengandalkan kekuatan kita sendiri, atau malah menyerah. Demikianlah Dia memurnikan iman yang telah diberikan-Nya kepada kita. Ya, tekanan hidup diperlukan agar potensi kekuatan yang sudah ada dalam otot kita dapat dimunculkan. Semakin kita menggunakan otot iman kita untuk menghadapi permasalahan, semakin kita menjadi pribadi yang kuat dan tahan uji. Badai hidup sedahsyat apapun, tidak akan lagi menjadi sebegitu menakutkannya bagi kita. Karena dalam iman, kita telah memahami, bahwa justru dalam kelemahan kitalah, kuasa Allah disempurnakan. Kita pun boleh menjalani hidup yang dipenuhi damai sejahtera. Iman yang bertahan sampai akhir juga akan kita miliki.

RENUNGAN

Justru melalui tekananlah, OTOT-OTOT IMAN kita dilatih, dan kekuatan yang terpendam pun DIBANGKITKAN

APLIKASI

  1. Apa yang cenderung Anda lakukan ketika menghadapi masalah atau tekanan hidup?
  2. Mengapa Tuhan ingin kita melatih otot-otot iman kita?
  3. Apa langkah yang dapat Anda ambil untuk mulai melatih otot iman Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, sungguh Engkaulah Tuhan atas segalanya. Dalam setiap badai pergumulan hidup yang ada, kami percaya bahwa Engkau Tuhan yang menyertai kami. Biarlah melalui setiap permasalahan yang kami jalani bersama-Mu, membuat kami semakin kuat dan kokoh dalam iman. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 65-67; 69-70