Bangkitlah Dalam Doa

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 6 April 2016

BACAAN HARI INI

Mazmur 3:1-9

RHEMA HARI INI

Mazmur 3:5 Dengan nyaring aku berseru kepada TUHAN, dan Ia menjawab aku dari gunung-Nya yang kudus.

Setelah dua upaya pendaratan yang gagal, seorang pengendara balon udara menjadi panik. Dengan perasaan kalut, ia mulai mencari tempat ketiga untuk mengupayakan pendaratan, namun yang bisa dilihatnya dalam jarak berkilo-kilometer hanyalah hutan lebat. Bahan bakar pembuat gas yang dimilikinya tinggal separuh tangki, betapapun ia merasa bahwa satu-satunya pilihan yang dimilikinya adalah mematikan pembakar dan mencoba menemukan tanah lapang. Dengan ketakutan ia berseru pada Tuhan, “Tolonglah aku Tuhan, carikanlah untukku tempat yang aman untuk mendarat!” Dengan doa itu suatu perasaan tenang meliputinya, jari-jarinya tidak lagi terkepal dan ia merasakan suatu gelombang kedamaian.

Dataran di bawah berlalu dengan cepat dan ia tidak tahu dimana kru daratnya mungkin berada. Lalu ia melihat suatu tanah lapang tepat di depannya, dan disana, ada dua banteng besar, terbesar dari yang pernah dilihatnya. “Tuhan, aku mempercayai-Mu untuk menemukan bagiku tempat yang aman untuk mendarat, dan aku mempercayai-Mu sepenuhnya termasuk untuk urusan banteng-banteng itu.” Ia berpegangan erat-erat tatkala keranjang itu menghantam tanah dengan kasar, terbalik dan terseret sejauh kurang lebih lima puluh meter.

Yang membuatnya takjub adalah banteng-banteng itu sepertinya tidak menyadari semua kehebohan itu. Hampir seketika, kru daratnya datang bergegas-gegas ke arahnya. Seorang dari mereka berkata, “Kamu terperangkap dalam satu guntingan angin hebat, suatu mujizat bahwa kamu tetap bisa memegang kendali.” Pengendara balon udara itu mengetahui bahwa sesungguhnya mujizat yang sejati adalah karya Tuhan sendiri.

Ketika kita datang pada Tuhan dalam doa-doa kita, seringkali kita dibayang-bayangi dengan kesulitan-kesulitan yang ada di depan kita dan itu seolah membuat kita ragu-ragu apakah benar Tuhan bisa tolong, apakah benar janji Tuhan bisa terjadi, apakah mungkin mujizat itu akan datang?

Saat kita terus mempercayakan hidup kita kepada Tuhan dalam doa, maka kita akan melihat pertolongan Tuhan yang ajaib dinyatakan dalam hidup kita. Terus deklarasikan janji dan penyertaan Tuhan lewat Firman-Nya dalam hidup kita. Tengking dan hancurkan setiap rencana iblis yang mencoba mengganggu hidup kita. Perkatakan setiap janji Tuhan melalui doa-doa kita dan lihatlah Tuhan akan menggenapi janji-janji-Nya secara ajaib dalam hidup kita.

RENUNGAN

Bangkitlah dalam DOA, maka kita akan melihat PERTOLONGAN DARI ATAS menjadi nyata atas hidup kita.

APLIKASI

  1. Dalam saat-saat apa Anda bangkit dalam doa?
  2. Bagaimana kuasa doa menarik pertolongan Tuhan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, Engkaulah penjamin dan penolong yang sejati. Kami yakin dan percaya Yesus bahwa dalam tangan dan kendaliMu maka hidup kami akan terus ada kedamaian dan ketenangan. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yehezkiel 5-8