Bangun Karaktermu

BACAAN HARI INI
Roma 12:9-21

RHEMA HARI INI
Roma 12:12 “Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!”

Pasangan suami istri Rudi dan Marissa adalah pelayan Tuhan yang taat, yang juga berasal dari latar belakang keluarga Kristen. Mereka selalu setia mengikut Tuhan dari mudanya, sehingga selain tertanam di gereja lokal, mereka juga serius serta berkomitmen di dalam mengikuti berbagai kegiatan dan aktivitas gereja yang lain, sehingga selain ibadah hari Minggu, mereka juga rajin mengembangkan kapasitas rohani mereka dengan mengikuti SOM, berpartisipasi dalam kegerakan kelompok sel, serta juga aktif dalam kegiatan kepemudaan serta kegiatan-kegiatan yang lain. Dalam keseharianya, mereka dikenal sebagai orang yang saleh, ramah, dan suka menolong sesama, sehingga mereka disukai oleh jemaat dan para pemimpin didalam gereja. Dalam kehidupan pekerjaan dan finansialpun, mereka diberkati dan telah mempunyai pekerjaan tetap yang mapan sebagai pengusaha di bidang otomotif yang sukses. Namun mereka telah bergumul cukup lama untuk menantikan seorang keturunan yang sangat mereka rindukan, karena rumah tangga tanpa seorang anak ternyata belumlah lengkap. Mereka terus bertanya kepada Tuhan di dalam doa, kenapa Tuhan menutup pintu-Nya untuk hal yang satu ini, dan mereka secara jasmani juga terus berusaha untuk mendapatkan pengobatan dari dokter-dokter untuk memperbaiki keadaan fisik mereka, namun semua usaha tersebut ternyata masih belum membuahkan hasil. Namun ditengah ujian karakter ini, keduanya tidak kecewa ataupun pahit hati terhadap Tuhan, malah semakin hari semakin setia dan terus menyala-nyala untuk melayani-Nya. Pada suatu hari, sewaktu mengikuti tour rohani ke tanah suci, mereka dengan setia mengikuti setiap acara dengan baik, dan juga akhirnya berdoa di areal bait suci untuk seorang keturunan kepada Tuhan Yesus. Secara ajaib, sepulang dari holyland, usaha mereka secara medik akhirnya membuahkan hasil, dan Marissa berhasil melahirkan seorang putra yang dinamakan Kaleb, setelah menanti selama 7 tahun di dalam pengharapan dan di dalam doa. Mereka tidak lelah dan meskipun terkadang mencucurkan air mata, mereka tetap setia dan memandang kepada-Nya, sehingga meskipun mengalami penundaan yang lama, mereka sekarang bersyukur karena semua itu telah membentuk karakter mereka.

Rudi dan Marissa bergumul untuk mendapatkan keturunan, sudah lama mereka merindukan hal ini. Namun keduanya tidak kecewa atau pahit hati. Mereka tetap percaya kepada Tuhan. Dan melalui hal ini Tuhan kabulkan apa yang menjadi kerinduan mereka.

Bagaimana dengan Anda ? Jika saat ini Anda mengalami pintu-pintu yang masih tertutup di dalam berbagai aspek hidup Anda, mungkin Tuhan sedang ingin membentuk karakter Anda. Saran saya adalah Anda harus tetap memupuk iman Anda dan jangan biarkan iman Anda goyah. Terus usahakan yang terbaik, tetap berjalan didalam jalur-Nya, doakan dengan iman, dan nantikanlah pertolongan Tuhan, sehingga meskipun Anda tidak disembuhkan dari sakitnya, percayalah mujizat yang lebih besar Tuhan sedang sediakan untuk Anda! Sehingga di dalam penantian yang menguji karakter Anda, Anda boleh disebut setia, karena Andapun seorang anak Abraham, dan juga anak Raja segala raja, yaitu Yesus Kristus, yang juga telah setia kepada Bapa hingga akhir hayat-Nya.

RENUNGAN
Tuhan lebih tertarik MEMBANGUN KARAKTER kita, dibandingkan sekedar MENYELESAIKAN MASALAH kita.

APLIKASI
1. Maukah karakter Anda dibangun Tuhan, uji hati Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa bangun karakter kami seturut apa yang Engkau mau. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yeremia 48-49
Yohanes 8:1-29