BANYAK HAL YANG MUSTAHIL JIKA MENGANDALKAN KEMAMPUAN MANUSIA

RHEMA HARI INI

Yesaya 2:22 Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?

Mengartikan atau menafsirkan mimpi, bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Namun untuk menebak mimpi seseorang sekaligus menafsirkan artinya, tentulah sesuatu yang sangatlah mustahil bagi manusia. Ini adalah pekerjaan yang tidak masuk akal, dan yang menyuruh pun tentunya sudah kehilangan akal sehat. Mungkin inilah yang terlitas dalam benak para kasdim ketika raja Nebukadnezar meminta mereka memberitahu apa yang ia lihat dalam mimpi dan apa artinya (Daniel 2:5-11). Kitapun pasti mempunyai pikiran yang sama dengan para kasdim. Mana mungkin kita bisa tahu apa yang diimpikan oleh seseorang, sementara mimpi kita sendiri saja terkadang kita lupa setelah bangun tidur. Meskipun para kasdim adalah orang-orang pilihan yang paling cerdas dan dihormati saat itu, tetap saja permintaan raja Nebukadnezar terlalu berat dan melampaui kapasitas mereka. Mustahil bagi mereka untuk bisa menjawabnya.
Dalam hidup ini, terkadang kita juga bisa mengalami apa yang dialami oleh para kasdim ini. Tantangan-tantangan yang secara manusia sangat mustahil untuk kita selesaikan. Setelah hampir setahun penuh di 2020 kemarin kita dihantam badai, sebagian orang mulai takut untuk berharap terlalu besar. Sebagian mulai mengurangi targetnya atau mulai memangkas visinya. Banyak orang tidak berani lagi berpikir besar, karena merasa mustahil untuk bisa mencapainya dalam kondisi seperti sekarang ini. Ya, jika kita hanya mengandalkan kemampuan manusia saja, maka akan ada banyak hal yang mustahil bagi kita. Tapi yang perlu kita tangkap dan ingat baik-baik, tahun ini adalah tahun Roh Kudus. Roh Kudus yang tanpa batas kuasanya, Roh yang tidak bisa dibatasi oleh apapun, sedang berkarya secara luar biasa.
Roh Kudus akan dengan senang hati membantu kita jika kita meminta-Nya. Saat ini jika kita merasa sedang menghadapi suatu kemustahilan, ingatlah bahwa kita punya Roh Kudus yang tak terbatas. Kita memang tidak sanggup, tapi Roh Kudus lebih dari sanggup. Letakkan Dia di tempat utama dalam hidup kita dan janganlah membatasi kuasa-Nya dengan pikiran kita yang terbatas. Maka kita akan melihat, bagaimana Roh Kudus akan mengambil alih dan membuat segala yang tak mungkin menjadi mungkin. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Kalau kita hanya mengandalkan KEMAMPUAN MANUSIA saja, maka banyak hal yang MUSTAHIL bagi kita.

APLIKASI

1. Apa saja yang selama ini Anda kerjakan dengan kemampuan Anda sebagai manusia?
2. Apakah hasilnya sesuai dengan apa yang Anda harapkan?
3. Kemustahilan apa yang sedang Anda hadapi saat ini? Sudahkah Anda mengandalkan Roh Kudus untuk mengatasinya?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, ampuni kami jika selama ini kami terlalu percaya diri dan hanya mengandalkan kekuatan kami sendiri. Kini kami menyadari bahwa kami sangatlah terbatas. Hanya dengan kekuatan Roh Kudus-lah kami akan mampu menembus segala kemustahilan. Terimakasih Tuhan, atas anugerah Roh Kudus-Mu atas kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!