Bayar Harga Untuk Great Revival

ReMAKA: Renungan Malam Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Hagai 1:1-14

RHEMA HARI INI
Hagai 1:8 Jadi naiklah ke gunung, bawalah kayu dan bangunlah Rumah itu; maka Aku akan berkenan kepadanya dan akan menyatakan kemuliaan-Ku di situ, firman TUHAN.
“Rin, ayo nanti siang datang ke rumah ibu Winda, ada pembagian minyak goreng gratis, kan lumayan dapat 2 liter,” ajak Rutni bersemangat. “Ada acara apa memangnya Rut?” tanya Rina, “Kok tumben bagi-bagi minyak?” Rutni hanya mengangkat bahu, “Katanya ada demo masak Rin.” Rina hanya tersenyum, “Kamu aja yang datang ya Rut, aku kurang berminat acara masak memasak.” Sorenya, Rina bertemu Rutni di warung dekat rumah, Rutni yang baru pulang dari rumah ibu Winda tampak membawa tas plastik kecil. Rina lansung bertanya, “Lho kok kecil plastiknya, katanya dapat minyak 2 liter? Bagaimana tadi acaranya?” Rutni dengan bibir cemberut menjawab,”Apanya 2 liter, nih cuma dapat minyak segelas kecil, yang 2 liter itu bagi yang membeli wajan atau panci. Tadi itu acara promo alat-alat rumah tangga.” Rina terbahak, “Yah Rut, pantas saja kalau begitu. Hari gini mana ada yang gratis sih.”
Ya, memang tidak ada yang gratis di dunia, semua perlu usaha atau bayar harga. Keselamatan dan pemulihan hubungan dengan Bapa memang gratis, anugerah semata-mata, tapi untuk kita bisa beroleh mahkota, diperlukan perjuangan (Luk 13:24). Jika kita ingin mengalami pemulihan, mujizat bahkan revival besar, pulihkanlah dulu hubungan kita dengan Tuhan. Perbaiki komitmen kita dengan Tuhan di rumah Tuhan. Rumah Tuhan akan jadi awal pernikahan kita dipulihkan, akan jadi awal nama baik kita dipulihkan, akan jadi awal keuangan kita di pulihkan. Sebab di rumah Tuhan ada firman, ada hadirat Tuhan, ada anugerah Tuhan, ada awan kemuliaan, ada open heaven.
Jika kita rindu mengalami revival dalam karir, keuangan, kesehatan, dalam keluarga, studi dan yang lainnya, kuncinya adalah bawa kayu dan bangun rumah Tuhan. Pikul salib dan bayar harga untuk membangun hubungan dengan Tuhan. Mungkin kita harus lebih repot, mengorbankan beberapa kepentingan pribadi untuk melayani, mungkin pulang lebih malam untuk ikut komsel, bangun lebih awal untuk bersaat teduh dan baca firman di pagi hari. Tapi semua itu adalah harga yang harus kita bayar untuk kita dapat disebut anak-anak Allah dan memperoleh berkat, mujizat, kuasa dan segala “fasilitas” sebagai seorang anak. Percayalah, saat kita membangun rumah Tuhan, maka kita akan melihat great revival dinyatakan dengan luar biasa dalam hidup kita.
RENUNGAN
Jika kita merindukan REVIVAL BESAR dalam SEGALA ASPEK HIDUP kita, BAYARLAH HARGA dan BANGUN RUMAH TUHAN.

APLIKASI
1. Great revival apa yang Anda rindukan terjadi dalam hidup Anda?
2. Bagaimana komitmen Anda kepada Tuhan? Sudahkah Anda berani habis-habisan untuk Tuhan?
3. Komitmen apa yang dapat Anda perbaharui untuk membangun hubungan dengan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami percaya bahwa pusat kebangkitan adalah dari Rumah Tuhan. Itu sebabnya tolong kami untuk berkomitmen membayar harga membangun Rumah-Mu dalam kehidupan kami. Kami percaya anugerah besar, mujizat besar serta revival besar pasti terjadi dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.