Beban Hutang Dilepaskan

BACAAN HARI INI

RHEMA HARI INI
Ibrani 12:1b-2a …marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. 2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus…

Alexander, seorang kaisar Rusia, suka merendahkan diri dan bercampur dengan rakyat dan bawahannya, agar ia dapat mendengar secara pribadi apa pendapat mereka. Pada suatu malam ia mengunjungi asrama serdadunya dan mendengar percakapan serdadu-serdadu. Ketika ia hendak melewati asrama itu, ia melihat seorang perwira muda duduk dengan kepalanya tertunduk di atas tangannya di meja. Dengan perlahan-lahan ia menghampiri meja perwira itu. Kaisar itu melihat di atas meja terletak pistol yang sudah berisi peluru. Di sebelahnya terletak sehelai kertas dengan catatan hutang-hutang yang besar. Kaisar itu membaca jumlah hutang tersebut dan sebelum ia berlalu, tiba-tiba matanya membaca tulisan di bawah: “Siapakah yang dapat membayar hutang sebanyak ini, maka itu….” Kaisar cepat sekali mengerti keadaan perwira muda itu. Ia terlilit oleh banyak sekali hutang yang tidak sanggup dibayarnya. Maka sekarang ia bermaksud hendak bunuh diri dengan pistol itu. Tetapi rupanya sebelum melaksanakan niatnya ia tertidur. Kalau nanti ia bangun, niscaya tamatlah riwayatnya. Dengan tidak kedengaran ia mengambil pena yang terjatuh di tanah, mencelupkannya ke dalam botol tinta, lalu menulis di bawah kata-kata itu: “Alexander dapat” dan membubuhkan tanda tangannya lalu ia pergi meninggalkan perwira itu. Ketika perwira itu sadar dari tidurnya, ia memegang pistol untuk menembak dirinya, tetapi sekali lagi ia membaca daftar hutangnya, dan ketika sampai ke bagian bawah, dimana ia membuat pertanyaan: “Siapakah yang dapat membayar hutang sebanyak ini? Maka itu…….. matanya terbuka dan membaca tulisan tambahan: “Alexander dapat.” Ia kenal tanda tangan itu adalah tanda tangan Kaisar. Betapa gembira hatinya dan ia bersyukur, bahwa ada seorang yang cukup kaya-raya yang berjanji akan melunasi hutang-hutang pribadinya. Dan kaisar betul-betul memegang janjinya. Keesokan paginya semua telah terselesaikan.

Kalau orang yang mengabdi kepada kaisar saja bisa mendapatkan pertolongan untuk membayar hutang-hutangnya yang besar, apalagi kita yang mengabdi kepada Tuhan diatas segala tuan, Raja diatas segala raja, Tuhan yang sanggup mengadakan yang tidak ada menjadi ada, dan yang tidak mungkin menjadi mujizat yang besar. Ketika hati kita terus kita lekatkan kepada Tuhan dan pandangan kita terus hanya tertuju kepada Tuhan, maka pasti Tuhan akan bukakan jalan keluar sehingga semua hutang kita bisa lunas dan Tuhan dipermuliakan melalui hidup kita.

RENUNGAN
Ketika mata hati kita terus TERTUJU KEPADA TUHAN, maka semua beban hutang kita pasti dilepaskan!

APLIKASI
1. Komitmen apa yang akan Anda buat untuk mendekat kepada Tuhan sehingga Tuhan menolong Anda bebas dari hutang ?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan kami bersyukur memiliki Allah yang penuh kuasa seperti Engkau. Kami percaya kuasa-MU sanggup melepaskan kami dari segala beban hutang kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ulangan 8-10