30 November 2015 – Bebas Dari Kebencian

BACAAN HARI INI

Kolose 3:5-17

RHEMA HARI INI

Kolose 3:8 Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.

AUDIO

David Flood kembali ke Stockholm dengan kemarahan serta kekecewaan yang sangat mendalam kepada Tuhan. Dia telah menyerahkan seluruh hidupnya kepada Tuhan, tetapi mengapa Tuhan menelantarkannya begitu saja di tengah hutan Afrika tanpa ada hasil yang signifikan, sampai istrinya harus meninggal dengan cara yang mengenaskan dan meninggalkan seorang bayi baru lahir serta anak laki-lakinya yang masih berusia 3 tahun? Kemarahan begitu memuncak di dalam hatinya sampai-sampai ia tidak mengijinkan seorangpun menyebut kata Tuhan dihadapannya. David Flood menghabiskan hidupnya dengan alkohol dan minum-minuman keras. Anak perempuannya yang ditinggalkannya kepada sebuah keluarga lain, berhasil menemukan David Flood 30 tahun kemudian dalam keadaan lesu, lemah dan tak berdaya akibat kekecewaan yang sudah sangat mengakar di dalam dirinya. Ketika Aina, anak yang dilahirkan istrinya sesaat sebelum istrinya meninggal itu, menceritakan dampak pelayanan David Flood yang telah berhasil mempertobatkan 1 orang dari suku pedalaman di Zaire, dimana orang tersebut telah berhasil mengembangkan pelayanannya dengan mempertobatkan 110.000 orang, mendirikan 32 pos penginjilan, beberapa sekolah Alkitab dan membangun sebuah rumah sakit dengan 120 tempat tidur, David Flood menangis sejadi-jadinya. Berita dari Aina ini seperti sebuah hembusan angin segar yang melenyapkan segala kekecewaannya selama ini. Saat itu Roh Kudus bekerja dalam diri David Flood, ia sadar dan bertobat. Tak lama setelah itu David Flood meninggal, tetapi Allah telah memulihkan semuanya, kepahitan hatinya dan kekecewaannya.

Menyimpan kemarahan dan kekecewaan tidak pernah mendatangkan keuntungan dalam hidup kita. Sebaliknya, kemarahan dan kekecewaaan yang disimpan akan menjadi seperti sebuah sampah yang akan mengeluarkan aroma busuk dan mendatangkan sakit penyakit bagi tubuh, jiwa, roh kita, dan bagi kehidupan orang lain di sekeliling kita. Perkataan dan tindakan kita seringkali akan menyakiti orang lain dan hidup kita tidak mungkin akan bahagia.

Itu sebabnya, hari ini ambillah keputusan untuk membuang segala kebencian, kemarahan dan sakit hati. Mintalah angin Roh Kudus berhembus dalam hidup Anda, sehingga Anda dimampukan untuk mengembangkan kasih ganti kebencian, dan mengembangkan kesabaran ganti kemarahan. Maka damai sejahtera Allah yang melampaui akal akan memenuhi hati dan pikiran Anda sehingga Anda bisa mengalami kebahagiaan hidup di dalam Tuhan.

RENUNGAN

Tuhan ingin kita menikmati hidup BEBAS DARI KEBENCIAN supaya kita bisa menikmati damai sejahtera yang melampaui segala akal.

APLIKASI

Daftarkan hal-hal apa saja yang masih menimbulkan kebencian di dalam hati Anda? Langkah apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasinya?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa yang baik, kami rindu hidup dalam damai sejahtera-MU. Tolong kami untuk menghapuskan segala kebencian serta kemarahan dalam hati kami, sehingga hidup kami bahagia dan bisa memuliakan nama-MU. Terimakasih Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

II Samuel 1-4