Belajar Bahasa Kasih

Renungan Keluarga Allah
Senin, 11 Juli 2016

BACAAN HARI INI

1 Yohanes 3:11-18

RHEMA HARI INI

1 Yohanes 3:18 Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.

Seorang ibu bertanya kepada anaknya yang berusia 5 tahun, “Kalau mama dan kamu sedang pergi bermain bersama, lalu kita kehausan tapi tidak ada air, dan kebetulan di dalam tas kecil kamu ada 2 buah apel, apa yang kamu akan lakukan?” Si anak berpikir sejenak, lalu menjawab mantap, “Saya akan menggigit kedua apel tersebut.” Mendengar jawaban si anak, ibunya pun kecewa. Awalnya ia berpikir untuk segera mengajarkan anaknya mengenai apa yang seharusnya dilakukan, namun sang ibu terdiam dan mencoba bersabar. Kemudian sang ibu berkata lembut sambil membelai sayang kepala anaknya, “Bisakah kamu beritahu mama alasan, kenapa kamu melakukan itu?” Si anak pun menjawab dengan lugu, sambil matanya berbinar cerah. “Karena…. karena saya mau memberikan apel yang lebih manis kepada mama….” Begitu mendengarnya, hati sang ibu pun tersentuh. Tanpa terasa, air mata harupun jatuh membasahi pipinya.

Terkadang, dalam keluarga dekat pun, bisa muncul kesalahpahaman. Untuk itu, yang kita perlukan adalah kesabaran dan kemauan untuk mendengar secara tuntas penjelasan dari orang-orang yang kita kasihi. Setiap manusia diciptakan Tuhan berbeda-beda dalam berbagai hal, mulai dari sifat, hobi, tingkah laku dan banyak hal. Jadi apa yang baik bagi kita belum tentu baik bagi orang lain.

Itu sebabnya, kita harus berusaha untuk memahami bahasa kasih dari orang-orang yang ada di sekeliling kita, terutama keluarga kita. Cobalah memahami orang-orang yang kita kasihi, cobalah untuk mengerti bahasa kasih yang mereka inginkan supaya tercipta keharmonisan dalam keluarga kita.

RENUNGAN

Pelajari BAHASA KASIH YANG TEPAT untuk anggota keluarga kita, maka pasti tercipta keharmonisan dalam keluarga.

APLIKASI

Tindakan apa yang akan Anda ambil agar Anda memahami apa dan bagaimana bahasa kasih itu?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa Engkau Allah maha kasih dan penuhilah hidup kami dengan kasihmu agar dari ke hari kami makin memahami apa itu bahasa kasih sehingga tercipta keharmonisan dalam keluarga kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Korintus 10-13