Belajar Dari Kegagalan

HARI 4# BELAJAR DARI KEGAGALANRHEMA HARI INI
Ayub 42:2 “Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.

Siapa itu Walt Disney, dunia sudah tahu. Namun tak banyak yang tahu kalau pendidikan Walt tak begitu tinggi. Memang sejak kecil Walt sudah menunjukkan bakatnya menggambar. Bahkan sejak usia 7 tahun Walt sering menjual sketsa dan gambar-gambarnya ke tetangga. Meski tak menamatkan SMA karena ia memutuskan bekerja di Palang Merah dengan mencatut umur di Perang Dunia I, Walt Disney tahu bagaimana caranya belajar untuk meningkatkan kemampuannya menggambar. Ia ikuti kursus menggambar di malam hari. Dari ketrampilannya menggambar. Ia kursus menggambar di malam hari. Dari ketrampilannya menggambar itu ia bercita-cita ingin menjadi seorang kartunis. Hanya saja tak mudah baginya. Bahkan ia pernah dipecat dari sebuah surat kabar karena dianggap tidak produktif. Kegagalan tak mematahkan semangat. “Ke mana pun saya pergi, saya selalu memikirkan kenapa kesalahan itu terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya,” ujarnya. Itulah cara belajar sepanjang hidupnya. Dan meski kegagalan demi kegagalan ia hadapi kemudian, pelan-pelan ia bisa memperbaikinya sampai ia menjadi entertainer dunia melalui karya-karyanya yang luar biasa sampai kini.

Gagal, adalah kesempatan untuk belajar dan memperbaiki diri. Pengurangan yang terjadi di musim gugur, justru adalah momentum untuk kita mengalami peningkatan. Mungkin kalau kita tidak gagal maka kita akan menghasilkan sesuatu yang biasa saja, tetapi karena kita pernah gagal maka kita berjuang dengan lebih gigih lagi sehingga justru kita bisa menghasilkan sesuatu yang sangat luar biasa. Dalam musim gugur, akan ada bunga-bunga dan daun-daun yang gugur dari hidup kita (beberapa hal yang diijinkan Tuhan gugur). Akan tetapi kita harus mengerti bahwa rencana Tuhan adalah setelah daun-daun tersebut gugur, akan muncul daun-daun baru yang lebih segar, lebih baik, dan lebih indah. Artinya yang lama akan digantikan dengan yang baru yang lebih baik. Ini adalah masa Tuhan sedang mempersiapkan kita untuk naik level, dari kemuliaan yang lama, masuk pada kemuliaan baru yang lebih besar.

RENUNGAN
Pengurangan yang terjadi di musim gugur, justru adalah momentum untuk kita mengalami peningkatan.

APLIKASI
1. Apakah Anda merasakan pengurangan dari Tuhan? Dalam hal apa?
2. Apa maksud Tuhan yang Anda tangkap dari pengurangan yang diijinkan Tuhan ini?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan kami bersyukur atas setiap proses yang Engkau ijinkan terjadi dalam hidup kami. Kami percaya semuanya itu untuk mendatangkan kebaikan dan kemajuan yang lebih besar bagi kami. Terimakasih Tuhan. Amin