Belajar Melihat Yang Tak Kelihatan

ReKA Video

 

Berlangganan ReKA Video melalui:

youtube

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

pablo (1)

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

BACAAN HARI INI
Ibrani 11:1-11

RHEMA HARI INI
Ibrani 11:3 Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.

Terkadang, mendoakan hal yang sama berulang-ulang tidaklah mudah. Terutama ketika dalam jangka waktu yang panjang tidak ada jawaban yang terlihat. Hari Sabtu itu pun, untuk kesekian kalinya Tyas beserta teman-temannya tim pendoanya mendoakan bangku-bangku di ruang ibadah GBI Keluarga Allah Jakarta. Mereka berdoa supaya Tuhan penuhi bangku-bangku kosong dengan jiwa-jiwa, agar lawatan dasyat serta hujan pertobatan terjadi, dan jemaat mengalami mujizat besar. Saat sedang berdoa, tiba-tiba sebuah pertanyaan menyelusup ke dalam pikiranya; “Tuhan, apa iya yang kami doakan saat ini tidak akan sia-sia?” Namun, dengan segera Tyas menepis pemikiran itu. Sambil kembali menjamah bangku-bangku tersebut, ia bernubuat, “Dalam nama Tuhan Yesus, penuhi setiap bangku kosong ini dengan jiwa-jiwa.” Ia pun membayangkan arus ilahi berhembus dan bangku-bangku itu penuh. Bulan demi bulan berganti, Tuhan sungguh bekerja dengan dahsyat. Dalam suatu ibadah hari Minggu, Tyas mengedarkan pandangannya ke seluruh ruang ibadah. Tak satu pun bangku kosong yang tampak di matanya. Semuanya penuh sampai ke baris paling belakang!

Dalam salah satu pelajaran doa yang Yesus ajarkan, kita diminta untuk berdoa dengan tidak jemu-jemu (Luk. 18:1). Dia tahu, sebagai manusia, saat mendoakan hal yang sama berulang-ulang, kita cenderung lelah dan bosan. Bukan tak mungkin, iman kita malah mengempis. Terutama ketika apa yang kita doakan tampak besar, mustahil, tak kunjung terlihat jawabannya, dan yang terjadi malah kebalikan dari yang kita doakan.

Namun, iman bukanlah tentang apa yang terlihat mata. Jusru, semakin keadaan terlihat mustahil, iman harus semakin dikembangkan. Ketika kita terus melihat apa yang tak kelihatan, iman kita akan terus bertumbuh, dan mengalami pelipatgandaan, sampai akhirnya ledakan iman pun terjadi. Saat itulah, iman kita akan menarik apa yang kita lihat di alam roh ke alam jasmani, sehingga yang semula tak kelihatan pun menjadi nyata.

RENUNGAN
Belajarlah melihat apa yang TAK KELIHATAN, maka oleh IMAN, yang tadinya tidak kelihatan akan DIMANIFESTASIKAN menjadi KELIHATAN.

APLIKASI
1. Apakah yang Anda lihat dalam hidup Anda saat ini?
2. Mengapa Anda perlu belajar melihat yang tak kelihatan?
3. Bagaimana Anda seharusnya melihat hal-hal yang saat ini sedang Anda doakan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ajari kami untuk selalu melihat yang tak kelihatan, untuk terus mempercayai janji dan rencana besar-Mu atas kami. Kami percaya, mujizat demi mujizat yang tak bisa lagi diabaikan oleh banyak orang akan Engkau nyatakan di tengah-tengah kami, sehingga hujan pertobatan bisa segera terjadi dan nama-Mu dipermuliakan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”