Belajar Mendengar Untuk Menangkap Firman Tuhan

BACAAN HARI INI
Matius 13:1-23

RHEMA HARI INI
Matius 13:14 Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.

Ibu sedang sibuk memasak di dapur ketika mendengar suara Adit anaknya yang baru pulang sekolah. Adit memasuki rumah dengan handphone di tangan dan mata tak lepas dari layarnya. Ibu menyapa Adit dan berpesan, “Dit, taruh seragam kotormu di ember lalu bawa masuk kamar mandi sekalian direndam ya.” Sambil lalu Adit menjawab,”Yaa bu.” Selesai memasak, ibu pun beranjak ke kamar mandi, di lihatnya ember berisi seragam kotor masih tetap di tempatnya semula, di depan kamar mandi. Jangankan direndam, dibawa masuk pun tidak. Ibu langsung menghela nafas dan menghembuskannya dengan kesal. Dasar Adit, anak itu mendengar tapi tidak menangkap maksud ibunya. Adit hanya setengah-setengah mendengarkan dan tidak menaruh perhatian pada apa yang didengarnya.

Mendengar belum tentu menangkap sesuatu, betul telinga kita mendengar tapi di saat yang sama pikiran kita berada di tempat yang lain. Apa yang kita dengar seakan-akan hanya lewat, masuk dari telinga kanan, keluar langsung dari telinga kiri. Alhasil, jika kita ditanya, pasti kita tidak mengerti dengan baik apa yang barusan kita dengar. Sama hal nya ketika kita beribadah, letakkanlah semua beban dan pikiran yang menyibukkan kita di luar gereja. Masuki ruang ibadah dengan hati yang haus dan lapar.

Belajarlah untuk duduk di bawah kaki Tuhan, belajar untuk fokus dan sungguh-sungguh mendengarkan agar kita bisa menangkap sesuatu dari firman Tuhan. Menangkap apa yang ingin Tuhan sampaikan pada kita,
terlebih dalam ibadah-ibadah awal tahun ini, dimana kita akan menerima rhema awal tahun yang sangat penting bagi hidup kita. Supaya di tahun kemuliaan Tuhan ini, kita semua bisa merasakan dan mengalami kemuliaan-Nya sungguh-sungguh dinyatakan atas hidup kita.

RENUNGAN
Orang yang mendengar BELUM TENTU menangkap, tetapi jika kita MAU MENANGKAP firman Tuhan, kita perlu BELAJAR MENDENGAR.

APLIKASI
1.    Bagaimana sikap hati Anda selama ini ketika mengikuti ibadah?
2.    Sudahkah Anda mempunyai hati yang haus dan lapar untuk menangkap sesuatu dari firman Tuhan? Mengapa?
3.    Apa komitmen Anda supaya dapat fokus mendengarkan firman Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang baik, terima kasih atas pengajaran-Mu pada hari ini. Tolong bantu kami untuk bisa sungguh-sungguh mendengar dan menangkap firman yang Kau sampaikan pada kami. Kami ingin seperti Maria yang duduk dibawah kaki-Mu dan mendapat bagian yang terbaik dalam tahun kemuliaan-Mu ini. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.