Berani Evaluasi Total Untuk Meraih Kemenangan

BACAAN HARI INI
Mazmur 26:1-12

RHEMA HARI INI
Mazmur 26:2 Ujilah aku, ya TUHAN, dan cobalah aku; selidikilah batinku dan hatiku.

Bagi seorang pecinta alam, kegiatan mendaki gunung atau lintas alam merupakan sesuatu yang sangat menantang dan menyenangkan. Tentunya persiapan dilakukan secara matang agar selama perjalanan semua berjalan lancar dan aman. Setelah menempuh perjalanan menuruni lembah, melewati sawah, menaiki jalan menanjak ataupun menyeberangi sungai, pasti mereka akan berhenti untuk beristirahat dan duduk sejenak. Mereka akan mempelajari peta dan lokasi dimana mereka berada sekarang. Apakah mereka sudah berada di jalur yang tepat, sesuai dengan tujuan mereka dan masih berapa jauh lagi jarak yang harus mereka tempuh.

Dengan melihat kembali jalur yang sudah mereka lewati, mereka akan memperkirakan kondisi medan yang akan mereka lalui di depan. Mereka akan membuat evaluasi apa saja hambatan yang mereka temui selama perjalanan tadi, mengapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Supaya hal serupa tidak terjadi lagi dalam perjalanan mereka selanjutnya.

Kita pun perlu berkaca dan mengevaluasi hidup yang sudah kita jalani. Kenapa selalu terjerat dengan masalah keuangan? Kenapa sakitku mudah kambuh? Kenapa selalu bertengkar dengan pasangan? Kenapa mudah marah dan sensitive? Kenapa selalu terjatuh di dosa yang sama? Kenapa kerjaku selalu berujung pada kegagalan? Kenapa anggota komselku komitmennya kurang? Biasanya kebanyakan orang berhenti pada meratapi kegagalan, akibatnya tidak banyak yang berubah dalam hidupnya, gagal tetap saja gagal, kalah tetap saja kalah. Tapi sebagai anak Tuhan, kita harus memiliki perspektif yang benar, kegagalan adalah pengalaman yang berharga untuk kita berbenah. Kegagalan mengajar kita melakukan apa yang benar. Jangan menyerah saat kita menemui kegagalan, tapi rendahkan diri dan mintalah petunjuk dari Tuhan, apa yang perlu kita evaluasi dalam hidup kita agar kita dapat comeback dan meraih kemenangan besar. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
MOMEN EVALUASI BESAR sangatlah penting jika kita mau MENGALAMI COMEBACK.
APLIKASI
1.    Bagaimana Anda memandang hidup Anda sekarang? Apakah sudah memuaskan dan sesuai harapan Anda?
2.    Jika belum, sudahkah Anda mengevaluasi diri Anda untuk menemukan apa yang salah dalam hidup Anda?
3.    Apa yang akan Anda lakukan bila Anda telah menemukan letak kesalahan? Apa komitmen Anda tentang hal tersebut?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami menghadap tahta-Mu dengan segala kerendahan hati kami. Tolong kami untuk bisa melihat dan mengevaluasi apa yang salah dalam hidup kami. Bukakan mata rohani kami agar kami dapat melihat  kesalahan dan dosa-dosa tersembunyi kami. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.