Berani Habis-Habisan Bagi Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 07 September 2016

BACAAN HARI INI

1 Raja-raja 19:19-21

RHEMA HARI INI

1 Raja-raja 19:21 Lalu berbaliklah ia dari pada Elia, ia mengambil pasangan lembu itu, menyembelihnya dan memasak dagingnya dengan bajak lembu itu sebagai kayu api; ia memberikan daging itu kepada orang-orangnya, kemudian makanlah mereka. Sesudah itu bersiaplah ia, lalu mengikuti Elia dan menjadi pelayannya.

Elisa, seorang yang hidupnya sudah sangat enak sebelum panggilan Tuhan datang dalam hidupnya. Saat Elia datang, Elisa sedang membajak dengan 12 lembu milik ayahnya. Dan semuanya berubah setelah hal itu terjadi. Elisa memutuskan untuk meninggalkan rumah ayahnya, pekerjaannya, kehidupannya yang lama untuk mengikuti Elia. Perjalanan panjang menjadi hamba Elia, murid Elia pasti tidaklah semudah kehidupannya dirumah ayahnya sendiri. Di rumah, Elisa adalah seorang majikan. Tapi dengan Elia, dia adalah palayan. Tapi semua itu dilakukan oleh Elisa dengan segenap hatinya. Tidak tercatat satu kalipun Elisa mengeluhkan keadaannya saat menjalani panggilan Tuhan. Dan setelah waktunya genap, Tuhan memakai Elisa secara luar biasa. Alkitab mencatat Elisa bahkan menjadi seorang nabi yang melebihi Elia, gurunya sendiri, dengan urapan dobel porsi.

Daniel juga demikian. Secara manusia, dia memiliki karier yang sudah sangat bagus. Kehidupannya sudah terjamin. Tetapi, saat ada tantangan untuk memilih antara karier dan nyawanya sendiri atau ibadahnya kepada Tuhan, Daniel tetap memilih melakukan ibadahnya kepada Tuhan. Hasilnya? Awalnya Daniel kehilangan jabatan, kariernya hancur dan nyawanya terancam saat dimasukkan ke dalam gua singa. Tetapi lihatlah, kejadian itu malah membuat Daniel dipakai Tuhan untuk mempertobatkan seluruh rakyat negri dan menjadi kesaksian yang luar biasa. Daniel tidak jadi kehilangan semuanya, malah ditambah secara luar biasa!

Nehemia juga mengalami hal yang sama. Dia sudah memiliki pekerjaan dan karier yang bagus di istana raja. Tetapi saat dia melihat ada pekerjaan Tuhan dimana tidak ada orang yang peduli pada awalnya, Nehemia mau mengambil beban untuk pekerjaan Tuhan itu, yaitu membangun tembok Yerusalem yang runtuh. Nehemia tidak segan-segan mempertaruhkan reputasi, kepercayaan raja atasnya bahkan pekerjaannya sendiri. Dan dia menjadi pahlawan bagi pembangunan kembali tembok Yerusalem yang baru.

Daud, sebagai seorang raja, dia tidak tanggung-tanggung memberikan apa yang bisa diberikannya kepada Tuhan. Daud memberikan waktunya. 7 kali sehari Daud meluangkan waktu di sela-sela kesibukannya sebagai raja. Hartanya juga, dia berkorban habis-habisan saat membawa Tabut Perjanjian kembali ke Yerusalem. Nama baiknya; Daud tidak segan-segan mengakui dosanya di depan Nabi Natan demi tetap mendapatkan perkenanan Tuhan. Dan lihatlah, semua aspek dalam hidup Daud mendatangkan perkenanan Tuhan. Daud menjadi salah seorang yang hidupnya dahsyat dan menginspirasi banyak orang.

Dan sekarang giliran nama Anda yang akan mengukir sejarah di hadapan Tuhan dan seisi surga sebagai orang yang bisa dipakai Tuhan secara dahsyat karena Tuhan mendapati Anda tidak takut saat harus mengorbankan waktu, tenaga, uang, dll demi kemuliaan nama Tuhan. Puji nama Tuhan!

RENUNGAN

Anda yang berani HABIS-HABISAN BAGI TUHAN akan dipakai Tuhan dahsyat bagi kemuliaan-Nya!

APLIKASI

  1. Adakah sesuatu hal yang masih terasa berat bagi Anda saat Anda ingin berkomitmen lebih lagi dalam melayani / beribadah kepada Tuhan ?
  2. Ambillah dan tulislah komitmen Anda yang baru supaya Anda bisa menang!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, pakailah hidupku lebih lagi bagi kemuliaan nama-Mu. Ubah hatiku dan berikan keberanian supaya aku tidak takut memberikan lebih dalam hal apapun kepadaMu seperti yang sudah Kau lakukan untukku. Dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Keluaran 10-12