Berani Keluar Dari Kebiasaan

BACAAN HARI INI
Keluaran 3:1-22

RHEMA HARI INI
Keluaran 3:1 “Adapun Musa, ia biasa menggembalakan kambing domba Yitro, mertuanya, imam di Midian. Sekali, ketika ia menggiring kambing domba itu ke seberang padang gurun, sampailah ia ke gunung Allah, yakni gunung Horeb.”

Salah seorang walikota New York yang paling populer adalah Fiorello La Guardia. Banyak warga New York yang memiliki kenangan manis tentangnya. Ada yang mengenang hari-hari ketika ia membacakan cerita-cerita lucu lewat radio atau hari-hari saat surat kabar mingguan tidak terbit karena pemogokan, bahkan kritikan pedasnya terhadap ekploitasi warga miskin.

Suatu kali sang walikota memimpin sebuah pengadilan. Tertuduh adalah seorang wanita tua dengan tuduhan mencuri sepotong roti. Wanita tua ini menjelaskan bahwa keluarganya kelaparan. La Guardia menjawab, “Saya harus menghukum Anda, hukum tidak pandang bulu, saya mendenda Anda sepuluh dolar.” Ia kemudian merogoh saku dan mengeluarkan selembar uang sepuluh dolar. “Ini sepuluh dolar untuk membayar dendanya,” ia memasukkan uang sepuluh dolar tersebut ke dalam topinya sendiri dan mengatakan, “Saya mendenda semua orang yang hadir disini lima puluh sen karena hidup di kota dimana seseorang harus mencuri roti untuk makan. Petugas! tolong kumpulkan dendanya dan berikan kepada tertuduh ini!” Wanita tua yang tertegun tersebut meninggalkan ruang pengadilan dengan mata berkaca-kaca serta uang sebesar $47.50 dalam sakunya untuk keluarganya yang kelaparan.

Dalam bacaan hari ini diceritakan bahwa Musa melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Ia menggiring kambing dombanya keluar dari jalur rutinnya. Saat itulah Musa bertemu dengan Tuhan-awal dari pekerjaan besar yang Tuhan lakukan dalam hidup Musa, yaitu memimpin dan membawa bangsa Israel keluar dari tanah Mesir, serta memperoleh kemerdekaan di tanah perjanjian. Mengembangkan karunia yang ada pada diri Anda adalah tanggung jawab yang harus Anda selesaikan. Kesempatan itu datang disaat Anda berani melangkah keluar dari rutinitas dan zona nyaman. Mulailah mencoba melangkah bersama Tuhan menuju hal yang baru. Saat itulah Anda akan sampai di Gunung Allah, tempat pelatihan yang sudah Allah siapkan, serta bersiaplah untuk melakukan perkara yang besar bersama Tuhan. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Kesempatan mengembangkan karunia seringkali datang ketika Anda BERANI KELUAR DARI KEBIASAAN sehingga Anda sampai di TEMPAT PELATIHAN ALLAH.

APLIKASI
1. Apakah Anda berani keluar dari kebiasaan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami mau keluar dari kebiasaan agar kami dapat sampai ke tempat pelatihan-Mu
Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Raja-Raja 24-25
2 Korintus 3