BERANI MELANGKAH UNTUK MENGETOK PINTU TUHAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 4-6
Matius 2

RHEMA HARI INI
Yesaya 60:11 Pintu-pintu gerbangmu akan terbuka senantiasa, baik siang maupun malam tidak akan tertutup, supaya orang dapat membawa kekayaan bangsa-bangsa kepadamu, sedang raja-raja mereka ikut digiring sebagai tawanan.

Sejak kecil Rena sudah jatuh cinta dengan dunia tari balet. Kebetulan rumahnya dekat dengan sebuah sanggar balet. Setiap kali ia hendak pergi ke suatu tempat maupun saat pulang, Rena dengan sengaja memilih jalan yang melewati sanggar tersebut. Ia sering secara diam-diam mengintip dari kaca jendela untuk melihat para penari balet yang sedang berlatih. Rena tidak memiliki keberanian untuk mengetok pintu sanggar itu dan masuk ke dalam, sekalipun ia sangat menginginkannya. Karena ia merasa tidak layak bergabung dengan para penari yang tampaknya dari keluarga yang berada, sedangkan ia hanya dari keluarga yang tidak mampu. Sehingga ia takut dengan pandangan orang yang akan menganggap rendah dirinya.

Sampai suatu saat, ia sadar bahwa ia tidak akan dapat menggapai mimpinya jika ia tidak berani mengambil langkah pertama. Ia pun akhirnya memutuskan untuk memberanikan diri mengetok pintu sanggar tersebut. Singkat cerita, tahun demi tahun telah berlalu. Kini Rena telah menjadi seorang balerina profesional, bahkan ia telah berhasil menyabet berbagai penghargaan di negara-negara Eropa. Tak dinyana, Rena telah menghidupi lebih dari apa yang pernah dimimpikannya.

Sering kali, kita berdoa meminta kepada Tuhan agar membukakan pintu-pintu baru dalam hidup kita. Namun, kita lupa bahwa sebelum pintu itu terbuka, kitalah yang harus terlebih dahulu mengetoknya. Seperti kisah di atas, apabila Rena di masa lalu tidak mengumpulkan keberaniannya untuk mengetok pintu, maka pintu-pintu pun tidak akan terbuka. Melalui renungan ini, kita kembali diingatkan bahwa apabila kita berani mengetok pintu, maka tidak hanya satu pintu saja yang akan terbuka, melainkan pintu-pintu lain yang bahkan tidak terpikirkan oleh kita pun akan dibukakan bagi kita, yang senantiasa melayangkan mata kepada Tuhan.

RENUNGAN
BUKAN HANYA SATU PINTU dibuka, tetapi SEMUA PINTU AKAN TERBUKA bagi kita yang BERANI MENGETOK.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda memberanikan diri untuk ‘mengetok pintu’ Tuhan?
2. Menurut Anda, mengapa Tuhan ingin agar kita berani ‘mengetok pintu’?
3. Renungkanlah apa yang sekiranya menghalangi Anda untuk ‘mengetok pintu’ dan apakah yang akan Anda lakukan untuk mengatasinya?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami sadar bahwa visi tanpa misi tidak akan berjalan. Kami juga tau bahwa iman tanpa perbuatan adalah mati. Oleh karena itu, kami mau memberanikan diri mengambil langkah untuk mengetok pintu. Karena kami yakin, apa pun yang akan terjadi di depan kami, kami pasti bisa melaluinya bersama-Mu. Dan kami percaya bahwa saat kami berani mengetok pintu, maka pintu-pintu yang baru akan dibukakan bagi kami.
Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”