Berani Meminta Besar

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 21 Desember 2016

BACAAN HARI INI

2 Raja-Raja 2:1-9

RHEMA HARI INI

2 Raja-Raja 2:9 Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: “Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu.” Jawab Elisa: “Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu.”

Saat Elisa menyatakan keinginannya kepada Elia, ia tidak meminta satu bagian dari roh Elia, ia juga tidak meminta setengah bagian, tetapi ia meminta dua bagian. Dua bagian artinya dua kali lipat dari urapan yang dimiliki Elia. Elisa menyadari bahwa setelah Elia diangkat Tuhan ke surga, ia akan menggantikan Elia menjadi nabi atas bangsa Israel. Ia tahu bahwa itu adalah panggilan dan rencana Tuhan atas hidupnya. Ia juga mengerti bahwa untuk membangun Kerajaan Allah dan melaksanakan misi Tuhan bukanlah perjuangan yang mudah. Karena itulah Elisa juga berani meminta perkara-perkara besar. Ia meminta pengurapan dobel porsi. Permintaan ini tidak diperolehnya seketika itu juga. Namun, pada akhirnya urapan itu benar-benar didapatkannya. Tepat saat Tuhan mengangkat Elia ke surga.

Kisah Elisa ini mengajarkan kepada kita bahwa ketika kita meminta sesuatu kepada Tuhan, kita juga harus memastikan motivasi kita sudah benar di hadapan-Nya. Seperti Elisa yang memiliki iman yang besar untuk melayani Tuhan, sehinggga ia benar-benar memperoleh urapan dobel porsi.

Saat ini, apabila Anda belum memiliki rumah, mintalah rumah agar bisa menjadi tempat kelompok sel, sehingga Anda pun dapat memperbesar kerajaan Allah melaui rumah yang Anda miliki. Apabila saat ini Anda belum memiliki mobil, mintalah mobil yang dapat menjadi sarana untuk melayani Tuhan. Apabila saat ini Anda sedang mengalami sakit-penyakit, mintalah kesembuhan agar bisa melayani Tuhan. Apabila saat ini Anda sedang mengalami masalah keluarga, mintalah agar keluarga Anda dipulihkan sehingga bisa menjadi kesaksian bagi banyak orang. Gunakanlah mata rohani Anda, sehingga Anda dapat melihat apa yang akan terjadi sesuai iman Anda. Kalau saat ini Anda sudah memiliki motivasi yang benar, yaitu untuk memperjuangkan Kerajaan Allah dan menjadi berkat sesuai dengan yang Tuhan inginkan, maka berjuanglah dengan segenap hati bagi Tuhan. Mulai saat ini jangan lagi minta hal-hal yang kecil, beranilah untuk meminta sebesar mungkin demi perluasan Kerajaan Allah. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Yang BERKENAN dan MENYENANGKAN HATI TUHAN adalah ketika kita BERANI MEMINTA BESAR untuk PERLUASAN KERAJAAN ALLAH

APLIKASI

  1. Selama ini, bagaimanakah cara Anda menaikkan permintaan kepada Tuhan? Bagaimanakah juga motivasi Anda dalam permintaan-permintaan tersebut?
  2. Mengapa kita harus berani meminta yang besar kepada Tuhan?
  3. Coba pikirkan, apa saja permintaan Anda kepada Tuhan yang bisa digunakan untuk memperluas kerajaan Allah?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, celikkan mata rohani kami, agar kami dapat melihat perkara-perkara rohani yang hendak Engkau kerjakan melalui hidup kami. Ajar kami untuk meminta hal yang besar untuk perluasan Kerajaan Allah. Agar rencana-Mu tergenapi dan nama-Mu dipermuliakan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 26, 40, 58, 61-62, 64