Berani Mempercayai Tuhan dalam Kondisi Apa Pun

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 15 Januari 2017

BACAAN HARI INI

Mazmur 62:1-12

RHEMA HARI INI]

Mazmur 62:8-9 Pada Allah ada keselamatanku dan kemuliaanku; gunung batu kekuatanku, tempat perlindunganku ialah Allah. Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita.

Mudah bagi kita untuk percaya Tuhan ketika hidup terasa baik-baik saja. Rasa percaya kita barulah tertantang ketika suatu permasalahan menyerang kehidupan kita. Tidak sedikit dari kita yang kemudian mulai bertanya-tanya, mengapa Allah yang Maha Baik membiarkan kita mengalami kesukaran? Namun Daud, dalam mazmurnya, mengajak kita untuk selalu mempercayai Allah setiap waktu. Baik saat kita sedang menikmati hidup maupun ketika tengah mengalami kesulitan. Ya, meski kita mengetahui bahwa Daud memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Allah, tetapi sepanjang hidupnya, ia tidak selalu mengalami kemenangan.

Sewaktu Daud masih menjadi seorang penggembala domba, hamba Saul, pelarian, atau saat ia menjadi raja sekalipun, ia sering menemukan dirinya menghadapi ancaman bahaya. Namun, setiap kalinya, ia tidak pernah gagal mempercayakan dirinya ke dalam perlindungan Tuhan. Ia tahu bahwa Allah yang dikenalnya tidak akan pernah mengabaikannya dan berkuasa untuk mengatasi apa pun juga. Hal ini ternyata menyenangkan hati Allah. Sampai-sampai, Alkitab merekam perkataan Tuhan bahwa Daud adalah orang yang berkenan di hati-Nya. Hari demi hari, hubungan antara Daud dan Tuhan terbangun sedemikian rupa. Favor-Nya tidak pernah terlepas dari hidup Daud. Bahkan Tuhan sampai mengokohkan kerajaannya untuk selamanya.

Saat kita ragu, sulit rasanya untuk dapat melihat rencana baik Tuhan dalam penderitaan kita. Namun, janganlah menjadikan keraguan kita sebagai penghalang untuk membangun hubungan intim dengan-Nya. Seperti Daud, beranilah percaya bahwa kasih Tuhan jauh lebih besar dari segala kesukaran yang kita alami. Ketika kita memiliki sikap hati yang berani mempercayai Tuhan dalam segala situasi, Dia akan membawa kita masuk ke dalam hubungan yang lebih dalam lagi dengan-Nya. Sedikit demi sedikit, Dia akan menyingkapkan isi hati-Nya kepada kita. Kita pun akan semakin memahami tujuan-Nya dalam hidup kita. Ketika itulah, Dia akan mencurahkan favor-Nya ke dalam hidup kita sampai berlimpah-limpah. (MV.L)

RENUNGAN

Seberapa besar kita BERANI MEMPERCAYAI TUHAN, dalam kondisi apa pun juga, sejauh itulah PERKEMBANGAN HUBUNGAN kita dengan Tuhan

APLIKASI

  1. Seberapa besar Anda mempercayai Allah ketika Anda sedang mengalami kesukaran?
  2. Mengapa Tuhan ingin kita mempercayai-Nya dalam setiap waktu?
  3. Bagaimanakah Anda dapat belajar lebih mempercayai Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Ampuni kami ya, Tuhan, apabila selama ini kami masih sering meragukan-Mu. Kami mau untuk belajar percaya lebih lagi kepada-Mu. Bawalah kami masuk ke dalam hubungan yang lebih dalam dan intim lagi bersama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

1 Raja-raja 7
2 Tawarikh 4