BERANI MEMPUNYAI VISI YANG BESAR (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 28-29
Yohanes 9:24-41

BACAAN HARI INI
Mazmur 108:1-14

RHEMA HARI INI
Mazmur 108:14 Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita.

“Apa yang menjadi mimpimu, Ziva?” tanya bu Maya kepada salah satu muridnya saat mengajar pelajaran Bahasa Indonesia. Ziva mengerutkan kening dan berpikir panjang sebelum menjawab pertanyaan gurunya. “Saya ingin membeli sebuah pesawat dan mengajak teman-teman saya jalan-jalan,” kata Ziva dengan mantap. Seluruh kelas pun menertawakan mimpi Ziva tersebut, karena terlihat mustahil dan tidak realistis. Namun, siapa yang menyangka bahwa pada libur akhir semester sekolah, Ziva dan teman-temannya dapat berlibur ke Bali dengan menggunakan pesawat milik ayah Ziva. Ternyata ayah Ziva adalah seorang konglomerat dan ketika mendengar anaknya menceritakan mimpinya, ia pun mewujudkannya.

Memiliki impian besar dan melakukan perkara-perkara yang besar bukanlah hal yang mustahil bagi orang percaya! Tuhan Yesus sendiri menegaskan, “Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu” (Yoh. 14:12a). Sering kali kita merasa tidak mampu dan berkata, “Ah, mana mungkin! Aku tidak punya sesuatu yang bisa kubanggakan.” Namun, kita dapat belajar dari ilustrasi di atas. Ziva yang saat itu hanya seorang murid kelas 5 SD, belum bekerja, belum memiliki penghasilan, tetapi berani memiliki mimpi yang besar. Karena Ziva tahu betul, ayahnya pasti sanggup mewujudkan mimpinya.

Kita pun dapat melihat pada salah satu kisah dalam alkitab, yaitu Gideon. Ketika malaikat Tuhan berfirman kepada Gideon, “Tuhan menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani.” (Hak. 6:12), Gideon merasa dirinya tidak layak. Namun, bila kita membaca kisah selanjutnya, Gideon mampu mengalahkan bangsa Midian. Tidak ada perkara yang mustahil bagi Tuhan! Karena kita memiliki Tuhan yang besar dan dengan Tuhan, kita akan melakukan perbuatan-perbuatan besar. Oleh karena itu, persiapkanlah diri sebaik mungkin untuk level berikutnya. Bapa kita yang besar akan membuat kemuliaan-Nya memancar lebih terang dari sebelumnya di tahun baru yang kita tapaki ini.

RENUNGAN
Hanya BERSAMA TUHAN, kita BERANI punya VISI YANG BESAR.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda berani untuk memiliki visi yang besar dalam hidup Anda? Mengapa demikian?
2. Menurut Anda, mengapa bersama Tuhan kita menjadi berani memiliki visi yang besar?
3. Setelah membaca renungan ini, komitmen apa yang akan Anda ambil untuk dapat mengaplikasikan renungan hari ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus yang baik, kami percaya kami memiliki Tuhan yang besar, yang sanggup melakukan perkara-perkara yang hebat. Bersama-Mu, kami akan berani untuk memiliki visi yang besar dalam hidup kami, sehingga hidup kami dapat menjadi saksi di mana pun kami ditempatkan. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”