Berani Menghadapi Masalah

BACAAN HARI INI
Keluaran 3:1-22

RHEMA HARI INI
Keluaran 3:11 Tetapi Musa berkata kepada Allah: “Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?”

Bernard Gilpin (1517-1583), seorang teolog dan pastor yang berpengaruh saat kekristenan berkembang di Inggris harus menghadapi tuduhan atas ajaran yang ia sebarkan. Ajarannya dianggap sesat oleh Keuskupan. Tuduhan tersebut pun mendapat dukungan dari Ratu Mary yang berkuasa saat itu.

“Aku belajar melakukan yang terbaik,” ucapnya dengan tegas saat harus menghadapi sidang hukuman mati di London.

Gilpin yang dikenal dengan julukan “The Apostle of the North” ini tidak kemudian lari dari masalahnya. Ia kemudian bergegas untuk melakukan perjalanan dengan penuh keberanian. Namun, di tengah perjalanan, ia jatuh dari kuda dan mengalami patah tulang kaki.

“Apakah dia masih bisa melakukan yang terbaik sekarang?” cemooh orang-orang melihat kondisi Gilpin setelah kecelakaan.

“Saya masih percaya!” adalah tanggapan Gilpin untuk semua cemoohan yang ia dapat. Ia melakukan yang terbaik dan Tuhan juga melakukan yang terbaik untuknya. Kecelakaan tersebut membuat sidangnya ditunda. Selama masa penundaan tersebut, ratu Mary meninggal dan tuduhan atasnya pun dibatalkan.

Apa respon Anda saat menghadapi masalah? Berusaha menghadapinya atau melarikan diri dari masalah tersebut? Tahukah Anda, saat pertama kali Musa berhadapan dengan Firaun, dia lari ketakutan dan bersembunyi di Tanah Midian selama 40 tahun. Bukannya menghadapi masalahnya, ia malahan bersembunyi.

Lari dari masalah tidak akan pernah bisa membalikkan atau memperbaiki keadaan. Seringkali hal tersebut malahan memperburuk keadaan. Itulah sebabnya Tuhan menampakkan diri kepada Musa supaya ia mau kembali ke Mesir dan menghadapi masalahnya. Saat Musa taat untuk menghadapi masalah dengan tuntunan Tuhan, Tuhan membalikkan keadaan. Bukan saja Musa berhasil menyelesaikan masalahnya, ia bahkan menjadi jawaban doa bagi bangsa Israel serta menuntun mereka keluar dari perbudakan Mesir. Nah, bagaimana dengan Anda? Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Jangan lari dari masalah, sebaliknya, MILIKI KEBERANIAN MENGHADAPI MASALAH.

APLIKASI
1. Ketika Anda diperhadapkan dengan suatu masalah, langkah apa yang Anda ambil ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, melalui renungan hari ini, kami makin diteguhkan bahwa kami harus berani maju dalam menghadapi setiap masalah sebab kami mempunyai Allah yang lebih besar dari masalah-masalah kami.
Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Tawarikh 19-21
2 Korintus 10