Berapa Upahmu ?

BACAAN HARI INI
Matius 6:19-24

RHEMA HARI INI
Matius 6:20 “Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di surga; di surga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.”

Dalam perjalanan pulang dari pelayanan seumur hidup sebagai misionaris di Afrika, sepasang manula mendapati bahwa mereka berada dalam kapal yang sama dengan Presiden Teddy Roosevelt (Presiden AS ke-26) yang sedang dalam perjalanan pulang dari sebuah ekspedisi perburuan. Sesampainya di Pelabuhan New York, iringan pawai telah menanti kedatangan Presiden. Bahkan, Walikota New York ada disana untuk mengucapkan selamat datang langsung. Berita kepulangan Presiden pun menjadi headline news di berbagai surat kabar.

Berkebalikan dengan kepulangan pasangan misionaris tersebut. Sesampainya di New York, mereka menyewa sebuah apartemen murah. Mereka menjalani hari-hari dengan berhemat karena tidak memiliki uang pensiun. Belum lagi ditambah dengan kesehatan mereka yang semakin memburuk. Si suami pun mulai berpikir, alangkah menyenangkannya jika kepulangan mereka dari mengabdikan diri untuk pelayanan disambut dengan meriah seperti sambutan yang diberikan untuk Presiden. Namun kenyataannya, tahun-tahun pelayanan mereka berlalu tanpa perhatian dan upah.

“Tuhan memperlakukan kita dengan tidak adil,” si suami kemudian mengeluh pada istrinya. “Kalau kamu merasa seperti itu, mengapa kamu tidak menanyakannya langsung pada Tuhan?” istrinya memberi saran dengan sabar.

Hari-hari pun berlalu. Si istri dapat melihat perubahan dalam perilaku suaminya. Suaminya sudah tidak mengeluh lagi. “Nah, apa jawaban Tuhan, Sayang?” tanyanya penasaran. “Tuhan meletakkan tangan-Nya di bahuku dan berkata, “Tapi kau belum sampai di rumah, kan?”

Jangan terlalu membanggakan status, harta, dan semua yang kita miliki di dunia ini karena semua itu tidak kekal. Hal-hal tersebut memang penting, namun, lebih dari itu, yang terpenting adalah mari kita semakin rajin menghasilkan buah bagi Kerajaan Allah. Mari menyelamatkan jiwa dan melayani Tuhan karena itulah penentu upah kekal kita di Kerajaan Surga. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
PERBUATAN KITA selama hidup di dunia akan menentukan SEBERAPA BESAR UPAH, posisi, tanggung jawab, dan harta kita di Surga.

APLIKASI
• Coba Anda bayangkan, kira-kira saat Anda tiba di Surga kelak, berapa besar upah yang akan Anda terima ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami tidak mau hanya menerima keselamatan dan anugerah saja. Kami mau belajar melayani-Mu, Tuhan. Kami mau menyelamatkan jiwa untuk kemuliaan-Mu, Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 126-128
Lukas 11:29-54